HELLO..

HELLO.....WELCOME TO THE SECRET OF MATHEMATICS ...BLOG PEMBELAJARAN MATEMATIKA... SECRET OF MATHEMATICS INI...DIPERSEMBAHKAN BAGI ANDA YANG INGIN SUKSES ....SALAM SUKSES ...SUKSES ANDA SUKSES KITA SEMUA......CERDAS KREATIF DAN INOVATIF MODAL KESUKSESAN KITA

Dec 16, 2009

UJIAN NASIONAL TETAP DIGELAR MARET 2010

KONTROVERSIAL
Pada postingan minggu yang lalu, telah dibahas tentang Ujian Nasional yang banyak menuai protes.Beragam pendapat dan tanggapan telah muncul baik dari kalangan MPR maupun praktisi pendidikan.Gelombang penolakan terakhir dilakukan Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa Jogjakarta (jp,15/12/2009).Telah kita ketahui juga bahwa pada tanggal 14 September 2009 yang lalu Makamah Agung menolak kasasi pemerintah dan Ujiang Nasinal dinilai cacat hukum.Namun demikian MA sebenarnya tidak melarang digelarnya ujian nasional ( UN), namun dalam amar putusannya pemerintah diharapkan melakukan perbaikan sistem pendidikan nasional, termasuk peningkatan kualitas guru , sarana dan prasarana belajar, sistem informasi, dan memperhatikan efek psikologi pada anak didik.

DIGELAR MARET 2010
Menurut Mungin Edi Wibowo Senin (30/11/2009) pada detik.com anggota Badan Standardisasi Nasional Pendidikan (BSNP), bahwa Ujian Nasional tetap akan dilaksanakan dengan aturan yang sama seperti tahun yang lalu.Ujian Nasional akan digelar dengan aturan yang sama.Nilai standar kelulusan 5,5 dan nilai 4 maksimal 2 mata pelajaran.BSNP juga telah melakukan upaya peningkatan kualitas guru dengan melakukan uji kompetensi, sarana prasarana diperbaiki, dan dampak psikologis diimbangi dengan melakukan perbaikan.
Untuk UN 2010 akan dilaksanakan ujian utama, kemudian ada ujian susulan dan ujian ulangan.
Ujian utama tingkat SMU dilakukan pada 22-26 Maret, dan tingkat SMP pada 29 Maret-1 April. Kemudian ujian susulan dilaksanakan 1 minggu setelah ujian digelar, dan ujian ulangan pada minggu kedua di bulan Mei.
BSNP juga masih memberi kesempatan pada siswa yang gagal artinya siswa tidak memenuhi kompetensi, nantinya bisa mengulang tahun depan, atau ikut program paket A atau B

STOP POLEMIK UNAS
Menanggapi penolakan terhadap pelaksanaan ujian nasional, Apa tanggapan Mendiknas ?
Mendiknas M.Nuh tetap bersikukuh melaksanakan Ujian Nasional.Menurutnya , dilihat dari aspek sejarah penyelenggaraan berbagai ujian kelulusan di Indonesia , pelaksanaan ujian nasional dinilai paling baik.
Mendiknas meminta perdebatan hasil ujian nasional sebagai pemetaan pendidikan tidak dipersoalkan.Sebab pemerintah khawatir siswa tidak belajar sunggu-sungguh jika ujian nasional hanya untuk memetakan pendidikan.
Mendiknas berharap polemik seputar tak lagi diperpanjang.Menurutnya pemerintah dan berbagai pihak lebih baik mempersiapkan ujian itu dengan sebaik-baiknya.

TANGGAPAN PEMBACA
Saat ini Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BSNP) masih mempelajari isi putusan Mahkamah Agung (MA) yang menolak kasasi pemerintah terkait ujian nasional (UN). Namun ditegaskan pelaksanaan UN penting untuk pendidikan nasional.

Nah ..jika pembaca punya tanggapan terkait dengan Ujian Nasional silahkan tuliskan opini Anda di kolom komentar.
Komentar Anda barangkali sangat berharga sebagai masukan demi perbaikan kualitas pendidikan anak negeri ini.
Yang penting dan patut digarisbawahi, bahwa pendidikan kita ke depan harus lebih berkualitas.Setiap orang boleh punya pendapat yang penting pendapat itu positif dan demi kemajuan dan peningkatan kualitas pendidikan di negeri tercinta.Perdebatan tidak hanya membingungkan siswa, tapi alangkah baiknya pengampil kebijakan benar-benar memberikan keputusan maksimal demi kebaikan kita bersama.
Semoga

Sumber : jawapos, 15 desember 2009

5 comments:

  1. Yang penting persiapkan diri dengan baik...salam sukses

    ReplyDelete
  2. kalau saya setuju dengan adanya UN...tapi mungkin perlu di perbaiki lagi dari sisi kekurangannya...di tambah standarisasi mutu pendidikan di berbagai daerah perlu di tingkatkan lagi, biar mutu pendidikan kita dari sabang sampai meuroke sama semuanya.

    ReplyDelete
  3. Makasih...mas...kita memang harus selalu meningkatkan kualitas pendidikan kita...salam sukses

    ReplyDelete
  4. Yang penting dipersiapkan sejak dini...salam sukses

    ReplyDelete
  5. Aneh pak Menteri:( kalo udah cacat hukum kenapa dipaksakan ya...

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan pesan disini, tapi hindari spam ya...
Pastikan URL Anda tidak broken sebab penulis akan selalu mengunjungi Anda.
Terima kasih atas saran dan kritik Anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...