KETIK DISINI UNTUK MENCARI

19 Jul 2013

Peluncuran Kurikulum 2013 Dilakukan di Sejumlah Daerah






Mengawali peluncuran kurikulum 2013 yang dilksanakan di sejumlah daerah, maka blog ini  akan penulis postingkan berita-berita terkait, tentunya yang berkaitan dengan implementasi kurikulum baru, yaitu kurikulum 2013.Sebagian besar, berita-berita penulis lansir dari situs resmi kemendikbud, dengan alamat http://www.kemdiknas.go.id/ .dan sumber-sumber resmi lainnya...



Jakarta --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh dan para pejabat eselon 1 dan eselon 2 di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melakukan peluncuran kurikulum 2013 secara serentak di sejumlah daerah, Senin (15/7). Untuk Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), peluncuran dilakukan langsung oleh Mendikbud, di SMA N 1 Bantul, DIY.
Dalam sambutannya Menteri Nuh mengatakan, masyarakat DIY sudah siap dengan pelaksanaan kurikulum 2013 ini. Oleh karena itu, kementerian berterima kasih kepada masyarakat DIY yang siap menerima kedatangan Kurikulum 2013. “Ini adalah takdir Tuhan bahwa peluncuran Kurikulum 2013 ini secara resmi diluncurkan di DIY," katanya.
Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang Pendidikan (Wamendik) Musliar Kasim, meluncurkan kurikulum 2013 di Kutai Timur, Kalimantan Timur. Peluncuran tersebut disertai dengan pembukaan pendidikan dan pelatihan guru pelaksana kurikulum 2013 gelombang dua dan gelombang tiga Kabupaten Kutai Timur. Peluncuran dilakukan di kantor bupati Kutai Timur.
Musliar menyebutkan, Kabupaten Kutai Timur merupakan satu-satunya kabupaten yang melaksanakan kurikulum 2013 menyeluruh secara mandiri. “Kutai Timur akan dijadikan model nasional pelaksana kurikulum 2013. Kalau ini berhasil, daerah lain akan belajar dari Kutai Timur,” katanya.
Untuk Nanggroe Aceh Darussalam, implementasi kurikulum 2013 mundur satu hari menjadi Selasa (16/7). Hal ini, akibat pelaksanaan pelatihan yang diundur karena ada tradisi meugang (baca:megang) yang diadakan menjelang bulan puasa. Meski pelaksanaan mudur satu hari, para guru antusias untuk melaksanakan kurikulum tersebut.
Demikian disampaikan Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi NAD, Makmun Ibrahim, usai mendampingi Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Irjen Kemdikbud) Haryono Umar saat meninjau pelatihan implementasi Kurikulum 2013 di sejumlah daerah di Aceh, Minggu (14/7/2013).
Peluncuran kurikulum 2013 juga dilakukan di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, oleh Kepala Badan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan, Penjamin Mutu Pendidikan (BPSDMPK PMP) Kemdikbud, Syawal Goeltom.
Peluncuran Implementasi Kurikulum 2013 di Provinsi Kalimantan Tengah dipusatkan di SD Negeri Percobaan Kota Palangka Raya. Hadir dalam kesempatan tersebut jajaran Pemerintah Provinsi Kalteng, anggota DPRD Provinsi, kepala Dinas Pendidikan baik provinsi maupun Kota Palangka Raya, guru inti dan guru sasaran.
Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Hamid Muhammad, meluncurkan kurikulum di Komplek Sekolah Al-Azhar, Serpong, Banten. Hamid melakukan peluncuran kurikulum 2013 didampingi Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany. Peluncuran tersebut ditandai dengan pelepasan balon warna warni ke angkasa.
Dari berbagai tempat peluncuran, diketahui semua pemerintah daerah dan guru siap mengimplementasikan kurikulum 2013. Setelah diluncurkan, pelaksanaan kurikulum 2013 ini akan dievaluasi setiap semester dan diberi pendampingan. Tahun depan, direncanakan implementasi kurikulum tersebut dilakukan secara masif. (AR/PIH)

Sumber : Kemendikbud.go.id
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan pesan disini, tapi hindari spam ya...
Pastikan URL Anda tidak broken sebab penulis akan selalu mengunjungi Anda.
Terima kasih atas saran dan kritik Anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...