HELLO..

HELLO.....WELCOME TO THE SECRET OF MATHEMATICS ...BLOG PEMBELAJARAN MATEMATIKA INI DIPERSEMBAHKAN BAGI ANDA YANG INGIN SUKSES ....SALAM SUKSES ...SUKSES ANDA SUKSES KITA SEMUA......CERDAS KREATIF DAN INOVATIF MODAL KESUKSESAN KITA

Jan 21, 2011

TINGKATKAN KREATIVITAS DENGAN PEMETAAN PIKIRAN ( MINDMAPPING )

LETUPKAN ENERGI PIKIRAN

Pengertian Midmapping
Mindmapping adalah tehnik pemetaaan pikiran yang dikembangkan pada awal tahun 1970 oleh Tony Buzan dan didasarkan pada riset tentang bagaimana cara kerja otak yang sebenarnya dan dikembangkan sebagai alat untuk menolong orang mencatat lebih efektif. Dalam perkembangan selanjutnya mind mapping dikembangkan sebagai alat untuk melatih orang berpikir lebih berdaya guna dan merupakan salah satu ketrampilan yang paling efektif dalam proses berpikir kreatif.
Menurut Bobbi De Porter dan Mike Hernacki, dalam bukunya Quantum Learning, 1999, mindmapping adalah teknik pemanfaatan keseluruhan otak dengan menggunakan citra visual dan prasarana grafis lainnya untuk membentuk kesan. Mind mapping memanfaatkan “letupan energi pikiran” yang berlangsung selama 5-7 menit, waktu yang singkat dan dahsyat dalam menuangkan gagasan dan pemikiran di atas kertas. Dalam pemetaan pikiran, gagasan dan pemikiran dapat mengalir bebas (Joyce Wycoff, 2002:64).

Membuat Mindmapping
Berikut adalah langkah singkat untuk membuat mind mapping:


Di tengah kertas, buatlah lingkaran dari gagasan utamanya. (tidak harus lingkaran persegi, persegi panjang, atau bangun lain yang boleh).
Tambahkan sebuah cabang dari pusatnya untuk tiap-tiap poin kunci atau gagasan utamanya. Jumlah cabang bervariasi tergantung dari jumlah gagasan atau segmen. (gunakan pulpen warna-warni, agar tampak indah dan menarik secara visual)
Tulislah kata kunci / frase atau tiap-tiap cabang yang dilambangkan untuk menambahkan detil-detil. Kata-kata kunci adalah kata-kata yang menyampaikan inti sebuah gagasan dan memicu ingatan. Jika menggunakan singkatan, pastikan singkatan dikenal sehingga mudah mengingatnya.
Tambahkan symbol-simbol dan ilustrasi-ilustrasi untuk mendapatkan ingatan yang lebih baik.
Gunakan huruf-huruf capital.
Hidupkan peta pikiran sesuai dengan hal-hal yang berhubungan.
Garis bawahi kata-kata itu dan gunakan huruf-huruf tebal.
Bersikap kreatif dan berani dalam mendesain karena otak kita lebih mudah mengingat hal yang tidak biasa.
Gunakan bentuk-bentuk acak untuk menyingkirkan poin-poin atau gagasan-gagasan
Buatlah peta pikiran secara horizontal

Manfaat dan Aplikasinya
Mindmapping dapat diterapkan dalam beragama kegiatan. Dalam bukunya, use both sides of your brain, Tony Buzan menekankan penggunaan pemetaan-pikiran untuk meningkatkan kemampuan belajar. Buzan mengembangkan pemetaan-pikiran sebagai pendekatan yang melibatkan seluruh otak, untuk melaksanakan outlining serta mencatat.
Dalam bukunya Menjadi Super Kreatif Melalui Metode Pemetaan-Pikiran, Joyce Wycoff menyatakan bahwa pemetaan-pikiran dapat diterapkan dalam beragama kegiatan dan penggunaannya hampir tak terbatas. Manfaat teknik ini bisa dilihat dalam tiap proses yang membutuhkan informasi atau pengelolaan.
Beberapa penggunaan mindmapping adalah sebagai berikut:
Penulisan – mindmapping membantu menyusun bahan tulisan, baik untuk laporan atau makalah, pun juga mengingat prestasi.
Manajemen proyek – mindmapping sebagai struktur dasar proyek dengan cara yang baik sekali untuk memulai “pemecah-mecahan” suatu proyek jadi beberapa bagian kecil.
Brainstorming – kegiatan curah gagasan, cocok dengan teknik pemetaan – pikiran yang strukturnya mengalir bebas.
Daftar tugas – jika “daftar tugas” kurang berhasil maka gunakan mind mapping.
Presentase – dengan mindmapping maka akan lebih mudah mengingat isi presentase dengan lebih baik.
Penulisan catatan – metode pencatatan mind mapping yang menarik secara vertical ini membantu mengelola informasi, menambahkan kaitan dan asosiasi, serta menjadikan informasi lebih lama bretahan dalam ingatan.
Pengembangan pribadi – mind mapping memanfaatkan isi pemikiran yang paling dalam dan metode efektif untuk menemukan inner self atau diri seseorang yang terdalam.

Dalam pembelajaran matematika mind mapping digunakan dalam meningkatkan kemampuan belajar. Siswa diajari memetakan pikiran catatan mereka untuk menangkap pokok-pokok pelajaran atau bahan ajar dengan cepat, menata informasi tersebut, serta menambahkan asosiasi dan pemikiran mereka sendiri.

Semoga tulisan ini bermanfaat....
Salam Sukses Sukses Anda Sukses Kita Semua

Sumber : Hasil PTK pribadi

2 comments:

  1. Raih income Milyaran Rupiah...Join Free

    ReplyDelete
  2. Sekedar sharing
    Berikut langkah mudah meraih 1 juta pengunjung dan Gratis, caranya :
    1.Klik 6 ads
    2.Catat kode yang muncul
    3.Masukan Nomor kode yang muncul pada kotak yang tersedia
    4.Isikan Nama, email,URL Anda, dll
    5.Submit
    6.Konfirmasi email,
    7.Catat account dan password,
    Jangan lupa ajak 10 teman melakukan hal yang sama...thanks

    RAIH INCOME MILYARAN RUPIAH DAN DAPATKAN KIJANG INNOVA GRATIS

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan pesan disini, tapi hindari spam ya...
Pastikan URL Anda tidak broken sebab penulis akan selalu mengunjungi Anda.
Terima kasih atas saran dan kritik Anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...