HELLO..

HELLO.....WELCOME TO THE SECRET OF MATHEMATICS ...BLOG PEMBELAJARAN MATEMATIKA INI DIPERSEMBAHKAN BAGI ANDA YANG INGIN SUKSES ....SALAM SUKSES ...SUKSES ANDA SUKSES KITA SEMUA......CERDAS KREATIF DAN INOVATIF MODAL KESUKSESAN KITA

Mar 5, 2018

Pengertian In House Training, Tujuan dan Manfaatnya

Pelaksanaan In House Training ( IHT ) di SMPN 4 Karanganyar, Kabupaten Ngawi berjalan lancar. Kegiatan yang merupakan Rencana Tindakan Kepemimpinan hasil Diklat di LPPKS Indonesia Solo ini wajib dilaksanakan oleh Calon Kepala Sekolah.
Kegiatan yang dibuka oleh Pengawas Dinas Kabupaten Ngawi Drs. Najamuddin, M.Pd sekaligus sebagai pemateri ini merupakan gagasan Kepala SMP Negeri 4 Ngawi  Dwi Budi Priyanta, S.Pd. Dengan menghadirkan Nara Sumber yang kompeten di bidangnya, Novie Kurniawan, S.Kom, M.M.Pd, Kepala SMP Negeri 4 Karanganyar tersebut berharap kegiatan IHT ini merupakan langkah awal peningkatan kompetensi Guru dalam IT.
Ada gol yang akan dicapai.
- Guru mampu mengoperasikan komputer
- Guru mampu membuat email
- Guru mampu memanfaatkan internet sebagai sumber belajar
- Guru mampu mengembangkan ketrampilan menulis
- Guru mampu membuat website
- Guru mampu mengembangkan website sebagai media pembelajaran
Dan masih banyak lagi pencapaian kompetensi guru yang perlu ditingkatkan.
Kegiatan IHT dengan tema Peningkatan Kemampuan Guru dalam Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Website ini merupakan tantangan tersendiri. Disamping jaringan internet yang terbatas, karena lokasi yang sedikit terisoler ini, juga minimnya  sapras SMP Negeri 4 Karanganyar Kabupaten Ngawi tetap membuat guru antusias mengikuti sampai selesai.
Ada seberkas pertanyaan dari berakhirnya kegiatan. Banyak guru maupun siswa masih belum tahu apa itu IHT.
Oleh karena itu postingan kali ini akan penulis posting pengertian, tujuan, dan manfaat IHT, yang penulis lansir dari tiketTraining dot com

Definisi In House Training / Pengertian In House Training

In House Training adalah program pelatihan / training yang diselenggarakan oleh suatu perusahaan atau organisasi dengan menggunakan tempat pelatihan sendiri, peralatan sendiri, menentukan peserta dan dengan mendatangkan Trainer sendiri. Jadi, anda menyiapkan tempat (baik itu di kantor, di hotel, dll) kemudian menyediakan peralatan dan mendatangkan Trainer yang sesuai dengan topik tertentu yang Anda butuhkan.
Pelatihan sangat diperlukan untuk diberikan kepada karyawan sebagai bagian dari persyaratan legislatif untuk kinerja industri dan standar keselamatan atau persyaratan pendidikan berkelanjutan. Hal ini pun sangat dibutuhkan untuk menjaga kualitas SDM untuk memaksimalkan potensi yang mereka miliki dan relevan dengan yang mereka hadapi dalam bekerja.

Tujuan Dan Manfaat In House Training
In house training biasanya diselenggarakan dengan berbagai tujuan dan target tertentu. Tujuan In-House Training diantaranya:
1.   Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang bekerja atau didayagunakan oleh instansi terkait. Hal ini diharapkan dapat mendukung target organisasi dalam upaya mencapai sasaran yang telah ditetapkan. Bekerja sesuai Misi dan Visi organisasi.
2.   Menciptakan interaksi antara peserta. Jika organsisasi, instansi atau perusahaan yang memiliki banyak cabang di berbagai daerah yang tersebar di Indonesia maka besar kemungkinan mereka memiliki cara kerja yang berbeda, pengalaman yang berbeda, dan kualitas yang berbeda. Dengan In House Training peserta dapat bertukar informasi sehingga bukan tidak mungkin ini cara yang paling efektif untuk menciptakan standarisasi kinerja yang paling efektif.
3.   Mempererat rasa kekeluargaan dan kebersamaan antara karyawan. Karena mereka bekerja untuk satu naungan yang sama, bukan tidak mungkin mereka tidak lagi kaku untuk sharing, bersahabat dan lebih kompak. Dengan ini keuntungan untuk perusahaan jadi sangat besar, bukan?
4.   Meningkatkan motivasi dan budaya belajar yang berkesinambungan. Hal ini bisa mengeksplorasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi di lapangan yang berkaitan dengan peningkatan efektifitas kerja, sehingga dapat mencari solusi  secara bersama-sama dengan kemungkinan solusi terbaik.
5.     dan masih banyak sekali tujuan in house training maupun manfaat in house training yang biasanya diharapkan oleh para penyelenggara.


Materi In House Training
Materi dalam In house training biasanya relevan dengan permasalahan / bahasan yang lebih spesifik yang dipinta oleh penyelenggara / organisasi terkait. Ya, Anda sendiri yang menentukan topik apa yang ingin dibahas. Materi pelatihan akan di rancang secara khusus oleh pihak trainer yang Anda undang agar relevan dan berkaitan langsung dengan kinerja pada suatu bidang kerja tertentu dan mencari solusi jika terdapat permasalah terkait. Dengan demikian, ini bisa menjadi jaminan bahwa organisasi akan dapat meningkatkan kinerja para anggota dan meningkatkan kualitas dan hasil kerja para peserta secara langsung.

Tempat Penyenggaraan In House Training
Temmpat Penyenggaraan in house training ditentukan oleh pihak penyenggara, bisa di kantor sendiri, hotel atau tempat yang sudah ditentukan. Tempat pelatihan harus benar-benar diperhatikan, pastikan bahwa tempat dapat mendukung efektifitas jalannya pelatihan. Bila perlu relevan dengan permasalah yang dihadapi sehingga peserta dapat melihat dan mempelajarinya secara langsung.

Peserta In House Training
Jika dalam training terbuka pada umunya, siapa pun bisa mendaftar. Sedangkan in House Training para peserta biasanya ditentukan oleh perusahaan / organisasi / intansi yang menyenggarakan. Termasuk jumlah peserta itu sendiri, instansi terkait harus menentukan sesuai dengan kesepakatan dengan pihak Trainer yang diundang.

Keuntungan Menyelenggarakan In House Training
Selain dari daftar manfaat yang telah saya paparkan sebelumnya di atas, masih banyak sekali keunggulan dari In House Training ini, diantaranya:
1.   Biaya lebih murah
2.   Hasil bisa lebih maksimal
3.   Peserta dari 1 organisasi sehingga tidak perlu hawatir bocornya rahasia penting / masalah intern yang terjadi di perusahaan Anda.
4.   Materi lebih spesifik


Semoga tulisan ini menambah wawasan, dan bermanfaat bagi kita semua.

http://TiketTraining.com

1 comment:

Silahkan tinggalkan pesan disini, tapi hindari spam ya...
Pastikan URL Anda tidak broken sebab penulis akan selalu mengunjungi Anda.
Terima kasih atas saran dan kritik Anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...