iklan

HELLO..

HELLO.....WELCOME TO THE SECRET OF MATHEMATICS ...BLOG PEMBELAJARAN MATEMATIKA INI DIPERSEMBAHKAN BAGI ANDA YANG INGIN SUKSES ....SALAM SUKSES ...SUKSES ANDA SUKSES KITA SEMUA......CERDAS KREATIF DAN INOVATIF MODAL KESUKSESAN KITA

Oct 10, 2010

STRATEGI PEMECAHAN MASALAH DALAM MATEMATIKA

PENGERTIAN
Pemecahan masalah menurut Posamentier (19999:98) adalah suatu proses mengaplikasikan pengetahuan yang telah diperoleh sebelumnya ke dalam situasi yang baru dan tidak dikenal. Belajar memecahkan masalah adalah alasan utama mempelajari matematika.Memecahkan soal cerita ( word problem ) adalah salah satu bentuk proses pemecahan masalah, akan tetapi siswa juga harus dihadapkan dengan masalah yang bukan berupa soal cerita ( nontex problem ).
Sehingga untuk menyelesaikan soal yang bertipe masalah, kita memerlukan langkah-langkah pemecahan masalah dan strategi pemecahan masalah.

STRATEGI POLYA

 Untuk dapat memecahkan masalah diperlukan tahap-tahap pemecahan masalah dan strategi pemecahan masalah.Poyla (1973:5) menyarankan untuk membagi proses pemecahan masalah ke dalam empat tahap, yaitu:

1.Memahami masalah
Pada tahap ini kita harus dapat mengidentifikasi hal-hal yang diketahui, hal-hal yang ditanyakan dan syarat-syarat yang ada.Apabila diperlukan kita dapat membuat gambar/diagram untuk memperjelas situasinya.Setelah informasi diperoleh sudah lengkap, kita harus dapat mengorganisasi dan menghubung-hubungkan informasi tersebut.

2.Menyusun rencana
Pada tahap ini kita harus dapat menentukan apakah kita pernah menghadapi masalah tersebut ataupun masalah lain yang serupa.Selain itu kita harus memikirkan masalah lain yang terkait dengan masalah yang sedang dihadapi.Selanjutnya kita harus menentukan strategi pemecahan masalah yang sesuai untuk masalah tersebut.Pengertian strategi pemecahan masalah adalah cara atau metode yang sering digunakan dan berhasil pada proses pemecahan masalah.Beberapa strategi pemecahan masalah yang sering digunakan adalah:
a.Menebak dan memeriksa
b.Membuat gambar/diagram
c.Mencari pola
d.Membuat daftar yang sistematis
e.Bergerak dari belakang
f.Menyatakan masalah dalam bentuk yang paling sederhana
g.Menyelesaikan bagian-perbagian dari masalah
h.Menyatakan masalah dengan cara lain
i.Memperhitungkan setiap kemungkinan
j.Mengabaikan hal yang tidak mungkin
k.Membuat model matematika

3.Melaksanakan rencana
Pada tahap ini kita melaksanakan rencana pemecahan masalah dengan setiap kali mengecek kebenaran di setiap langkah. Dapatkan kita melihat bahwa setiap langkah yang kita lakukan sudah benar ? Dapatkan kita membuktikan bahwa setiap langkah yang kita lakukan sungguh benar ?

4.Menguji kembali
Pada tahap ini kita harus memeriksa hasil diperoleh.Apakah hasil tersebut sudah sesuai dengan masalahnya. ( Cek and Recek )

Nah, teori ini akan sekedar teori jika hanya dibaca.Tentu diperlukan latihan yang keras agar sukses dalam menguasai matematika.

Selamat belajar, berlatih, dan sukses untuk semua.

Sumber : Sistem Pembinaan Olimpiade Matematika oleh Wiworo,S.Si,M.M

8 comments:

  1. Kunjungan pagi....mohon penjelasan secara ilmiah ( secara matematika ) income yang menghebohkan ini pak.....thanks

    ReplyDelete
  2. Sama seperti prinsip manajemen ada urutannya juga. Thks 4 info

    ReplyDelete
  3. i am glad to meet you too on the net.. nice post, vote up!

    ReplyDelete
  4. Thanks heelal....thanks for your support at secret of mathematics....thanks a lot...succes

    ReplyDelete
  5. Bagus Pak artikelnya... sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  6. Maksih Pak Agus Setiawan....sukses untuk semua..salam

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan pesan disini, tapi hindari spam ya...
Pastikan URL Anda tidak broken sebab penulis akan selalu mengunjungi Anda.
Terima kasih atas saran dan kritik Anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...