iklan

HELLO..

HELLO.....WELCOME TO THE SECRET OF MATHEMATICS ...BLOG PEMBELAJARAN MATEMATIKA INI DIPERSEMBAHKAN BAGI ANDA YANG INGIN SUKSES ....SALAM SUKSES ...SUKSES ANDA SUKSES KITA SEMUA......CERDAS KREATIF DAN INOVATIF MODAL KESUKSESAN KITA

Dec 23, 2010

RELEVANSI TEORI PIAGET PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA ( Bagian 2 )

TEORI PIAGET
Pada postingan yang lalu telah dibahas empat tahap perkembangan intelektual manusia. Dalam teorinya Piaget mengemukakan bahwa kemampuan kognitif manusia berkembang menurut empat tahap, dari lahir sampai dewasa.Dan kempat tahap itu berlaku untuk setiap orang, akan tetapi usia pada saat seseorang mulai memasuki sesuatu tahap tertentu tidak selalu sama untuk setiap orang. Empat tahap itu adalah; Tahap sensori-motor (sensory –motor stage), Tahap pre-operasional (pre-operational stage), Tahap operasi konkret (concrete-operational stage),dan Tahap operasi formal (formal-operational srage).
Menurut Piaget, ada tiga aspek perkembangan intelektual yaitu struktur, isi, dan fungsi.Struktur merupakan organisasi tingkat tinggi yang terbentuk pada individu waktu ia berinteraksi dengan lingkungannya.
Isi merupakan pola perilaku khas anak yang tercermin pada responnya terhadap berbagai masalah dan situasi yang dihadapinya.
Fungsi adalah cara yang digunakan organisme untuk membuat kemajuan-kemajuan intelektual.


EMPAT TAHAP
Untuk menyegarkan ingatan, penulis bahas secara singkat, adapun keempat tahap tersebut adalah:
1.Tahap sensori-motor (sensory –motor stage)
Tahap sensori motor berlangsung sejak manusia lahir sampai berusia 2 tahun.Pada tahap ini pemahaman anak mengenai berbagai hal terutama bergantung pada kegiatan (gerakan) tubuh beserta alat-alat indera.

2.Tahap pre-operasional (pre-operational stage)
Tahap pre-operasional berlangsung kira-kira usia 2 tahun sampai 7 tahun.Pada tahap ini, anak sudah menggunakan pemikirannya dalam berbagai hal. Akan tetapi, pada tahap ini pemikiran si anak masih bersifat egosentris, artinya pemahamannya mengenai berbagai hal masih terpusat pada diri sendiri.Pada tahap ini anak berpikir bahwa orang-orang lain mempunyai pemikiran dan perasaan seperti yang ia alami.Dengan kata lain, pada tahap ini anak masih belum berpikir obyektif, lepas dari dirinya sendiri.

3.Tahap operasi konkret (concrete-operational stage)
Tahap ini berlangsung kira-kira dari usia 7 tahun sampai 12 tahun.Pada tahap ini tingkat egosentris anak mulai berkurang, dalam arti bahwa anak sudah dapat memahami bahwa orang lain mungkin memiliki pikiran atau perasaan yang berbeda dari dirinya.

4.Tahap operasi formal (formal-operational srage)
Tahap ini berlangsung kira-kira sejak usia 12 tahun ke atas.pada tahap ini anak atau orang sudah mampu berpikir secara logis tanpa kehadiran benda-benda konkret, dengan kata lain anak sudah mampu melakukan abstraksi.

Pemanfaatan Teori Piaget
Lalu bagaimana relevansi teori peaget ini terhadap pembelajaran matematika ?
Pemanfaatan Teori Piaget dalam pembelajaran dapat dilihat pada pernyataan berikut ini.
1.Mumusatkan pada proses berpikir atau proses mental, dan bukan sekedar pada hasilnya.
2.Mengutamakan peran siswa dalam berinisiatif sendiri dan keterlibatan aktif dalam kegiatan pembelajaran.
3.Memaklumi ada perbedaan individual dalam hal kemajuan perkembangan.
Teori Piaget mengamsusikan bahwa seluruh siswa tumbuh melewati urutan perkembangan yang sama, namun pertumbuhan itu pada kecepatan berbeda.

GURU MATEMATIKA
Bagi guru matematika, Teori Piaget jelas sangat relevan, karena dengan menggunakan teori itu, guru akan bisa mengetahui adanya tahap-tahap perkembangan tertentu pada kemampuan berpikir anak-anak di sekolahnya.Dengan demikian guru bisa memberikan perlakuan yanga tepat bagi para siswanya.Sehinnga guru matematika di SMP khusunya perlu mencermati apakah simbol-simbol matematika yang digunakan guru dalam mengajar cukup mudah dipahami siswa atau tidak, dengan mengingat tingkat kemampuan berpikir yang dimiliki oleh masing-masih siswa.

Semoga tulisan ini bermanfaat, paling tidak menjadi referensi para guru, orang tua, maupun pemerhati pendidkan.

Selamat belajar semoga sukses ..sukses anda sukses kita semua.

Sumber : materi pelatihan terintegrasi, bidang studi matematika, depdiknas, dirjen psm, direktorat pendidkan lanjutan pertama


Sumber gambar : internet

15 comments:

  1. Get 1 million visitore for free..thanks

    ReplyDelete
  2. Raih Income Milyaran Rupiah dari Rumah...Segera Bergabung dengan Bisnis Online Brillian ini...thanks

    ReplyDelete
  3. Mau gabung Bisnis 5 Milyar...silahkan pelajari...thanks

    ReplyDelete
  4. Pasang iklan disini..gratis..thanks

    ReplyDelete
  5. Pasang iklan Gratis dapat Duit Jutaan Mau?

    ReplyDelete
  6. Thanks for your support...success

    ReplyDelete
  7. ini Ada beberapa konsep yang perlu dimengerti agar lebih mudah memahami teori perkembangan kognitif atau teori perkembangan Piaget, yaitu;

    1.Intelegensi. Piaget mengartikan intelegensi secara lebih luas, juga tidak mendefinisikan secara ketat. Ia memberikan definisi umum yang lebih mengungkap orientasi biologis. Menurutnya, intelegensi adalah suatu bentuk ekuilibrium kearah mana semua struktur yang menghasilkan persepsi, kebiasaan, dan mekanisme sensiomotor diarahkan. (Piaget dalam DR. P. Suparno,2001:19).

    2.Organisasi. Organisasi adalah suatu tendensi yang umum untuk semua bentuk kehidupan guna mengintegrasikan struktur, baik yang psikis ataupun fisiologis dalam suatu sistem yang lebih tinggi.
    3.Skema. Skema adalah suatu struktur mental seseorang dimana ia secara intelektual beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Skema akan beradaptasi dan berubah selama perkembangan kognitif seseorang.

    4.Asimilasi. Asimilasi adalah proses kognitif dimana seseorang mengintegrasikan persepsi, konsep atau pengalaman baru kedalam skema atau pola yang sudah ada dalam pikirannya.

    sukses ya pak...

    ReplyDelete
  8. Maksih Mas Danu...atas sharingnya...salam sukses

    ReplyDelete
  9. ok sama2 pak... sukses selalu ya...
    saya guru honor Teknik Mesin sekalian kuliah... hehehe... bentar lagi wisuda pak... mohon doa na ya...

    ReplyDelete
  10. Makasih...Mat Tahun Baru 2011,,,,success for all///thanks

    ReplyDelete
  11. blog artikelnya bagus-bagus pak, saya sangat tertarik. Tolong tengok blog saya juga pak. saya butuh bantuan bapak untuk pengmbgan. makasih

    ReplyDelete
  12. posting yang bagus, saya menyukainya,,,mohon juga bantuannya tuk berkunjung ke url yg telah saya posting.....terima kasih ataz pengertiannya

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan pesan disini, tapi hindari spam ya...
Pastikan URL Anda tidak broken sebab penulis akan selalu mengunjungi Anda.
Terima kasih atas saran dan kritik Anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...