iklan

HELLO..

HELLO.....WELCOME TO THE SECRET OF MATHEMATICS ...BLOG PEMBELAJARAN MATEMATIKA INI DIPERSEMBAHKAN BAGI ANDA YANG INGIN SUKSES ....SALAM SUKSES ...SUKSES ANDA SUKSES KITA SEMUA......CERDAS KREATIF DAN INOVATIF MODAL KESUKSESAN KITA

Sep 27, 2010

MASIH TENTANG MEMPERLAKUKAN BATERAI LAPTOP SUPAYA AWET

MERAWAT BATTERAI NOTEBOOK
Postingan yang lalu, telah dibahas bagaimana cara agar baterai notebook atau laptop kita lebih awet.
Nah...untuk menyegarkan ingatan kita tentang bagaimana memperlakukan baterai agar awet, ada baik penulis rangkumkan tipsnya tips yang pernah dibahas di blog ini.
1.Kurangi Resolusi
Untuk mengurangi resolusi layer dan jumlah warna, Anda bisa klik kanan pada Windows Desktop lalu pilih properties.Pada kotak dialog Display Properties pilih tab setting.Lalu atur resolusinya dengan cara menarik slidernya ke kiri untuk menguarangi resolusi.Kemudian pada menu drop down pilih kualitas warna ( colour quality ) yang lebih rendah , lalu klik OK.


2.Matikan Wi-Fi
Wi-fi yang aktif tentu saja ikut memakan konsumsi baterai.Jika tidak berniat memanfaatkan akses nirkable atau ber-internet, pastikan Wi-Fi dalam keadaan mati sehingga baterai lebih awet.

3.Gunakan Stavolt ( Stabilizer )
Beberapa informasi mengatakan, memakai laptop sambil dicharge dengan baterai terpasang akan mengurangi durability baterai.
Baterai Laptop pada dasarnya mirip dengan fungsi UPS ( uninterruptible power supply ) pada PC desktop.Jika terjadi gangguan listrik, misalnya listrik mati atau mati lampu , maka baterai yang akan memegang peranan penting untuk menjaga listrik untuk component laptop.
Lebih disarankan lagi, menambahkan Stavolt ( stabilizer ) sebelum adaptor laptop dicolok ke listrik. Hal ini supaya baterai tidak bekerja terlalu keras jika listrik tidak stabil.

4.Gunakan Charge Batterai Yang Kompatibel
Jangan gunakan batterai dan charge batterai yang tidak kompatibel.Jika tidak yakin dengan kompatibilitas batterai pengganti atau charge yang digunakan hubungi layanan dari produsen notebook terkait.

5.Jangan Gunakan Laptop Di Pangkuan
Batterai notebook atau Laptop dapat menjadi panas dalam pemakaian normal sekalipun.Oleh karena itu hindari penggunaan Notebook sambil diletakkan di pangkuan Anda.

6.Hindari Benda Terbuat Dari Metal
Cegah terjadinya kontak pada dudukan batterai yang longgar dengan berbagai jenis obyek yang terbuat dari Metal, seperti penjepit kertas, koin tipis dan sebagainya.

7.Hindari Tekanan Berlebihan
Jangan sampai terjadi tekanan yang berlebihan pada batterai notebook yang diakibatkan karena terjatuh, terbentur, terhimpit, ataupun tertumpuk oleh benda berat di atasnya.Hal tersebut akan mengakibatkan sirkuit di dalam batterai menjadi rentan terjadi arus pendek ( korslet ) yang kemudian mengakibatkan overheating.

8.Hindari Terik Matahari Langsung
Jangan letakkan notebook di bawah terik Matahari langsung ataupun di dalam mobil yang diparkir di mobil yang cukup lama di tempat terbuka saat siang hari yang dapat menyebabkan batterai notebook menjadi overheat.

9.Hindari Kena Air
Hindari batterai notebook menjadi basah atau terkena air.Meski nantinya akan mengering dan dapat berfungsi normal, sirkuit di dalam batterai secara perlahan akan berkarat atau menjadi korsleting.

10.Pahami Petunjuk Penggunaan
Pastikan Anda memahami cara menggunakan, menyimpan dan mencharge batterai notebook yang telah tertulis di buku manual.

Nah berikut cara lain memperlakukan Baterai Laptop supaya awet

ATUR POWER
Di windows ada fitur yang namanya power options.Melalui fitur ini Anda bisa mengatur konsumsi daya laptop.Caranya sangat mudah.
Klik tombol start lalu buka Control Panel dan kemudian double klik icon Power Options Properties. Akan muncul sebuah kotak dialog dengan nama Power Options Properties.Lalu pilih tab Power schemes.Pada menu dropdown akan terdapat enam pilihan yaitu Home/Office Desk, Portable/Laptop, Presentation, always on, Minimal Power Management dan Max Battery.Coba klik salah satu dari enam pilihan tersebut.Settingan turn of monitor, hardisk, System Sandby, atau system hibernates akan berbeda-beda waktunya, akan tergantung opsi yang anda pilih.
Jika ingin baterai lebih awet Anda disarankan memilih “Max Battery”.Pilihan ini akan menghemat penggunaan days baterai karena hanya membutuhkan kecepatan prosesor minimal semisal untuk membaca dokumen atau menecek email.Max Battery akan mempengaruhi kecepatan laptop dalam arti performa laptop akan menurun.

HINDARI PERANGKAT PARKIR
Seringkali kita membiarkan ada perangkat tertancap di laptop, entah itu kabel kamera digital, USB Memory jek, PC Card yang tidak digunakan lagi.Pastikan alat tersebut dicabut dari laptop jika sedang tidak digunakan karena akan menguras power baterai.

CESLAH HINGGA 100%
Jangan tanggung-tanggung mengeces baterai.Ceslah hingga penuh 100 persen.Jika baterai sudah hampir habis, ceslah baterai kembali hingga penuh namun jangan sampai menunggu baterai benanr-benar kosong.Ini akan membuat kapasitas baterei bekerja dengan baik.
Yang perlu diperhatikan lagi, lepaskan batterai dari laptop jika Anda tidak menggunakan laptop dalam waktu yang lama.Akan lebih baik jika laptop ditancapkan langsung ke adaptor jika memang Anda akan bekerja dalam waktu yang lama.

KURANGI BRIGTNESS
Webuser.co.uk melansir bahwa LCD akan memakan daya baterai.Oleh karena itu Anda disarankan untuk mengurangi brightness laptop seminimal mungkinnnamun tetap nyaman dipandang mata.

GUNAKAN SCREEN SAVER BLANK
Screen saver ternyata bisa menguras baterai.Karena itu gunakan screen saver ”Blank”.Caranya, klik kanan pada Desktop lalu pilih Properties.Akan munccul kotak dialog Display Properties, lalu pilih tab screen Saver.
Pada menu drop down pilih “Blank”

Nah....rekan netter jika kebetulan Anda membaca tips merawat batterai ini, dan memiliki pengalaman yang bermanfaat bagi pembaca lain, silahkan share di sini.
Semoga tulisan ini bermanfaat.

Semoga Sukses, Sukses Anda Sukses Kita Bersama

( Sumber : Advetorial Hi-Tech Mall, jawa pos edisi 22-08-2010 )

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan disini, tapi hindari spam ya...
Pastikan URL Anda tidak broken sebab penulis akan selalu mengunjungi Anda.
Terima kasih atas saran dan kritik Anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...