Cerdas,Kreatif,Inovatif

KETIK DISINI UNTUK MENCARI

IVEST MURAH HASIL MELIMPAH

14 Jan 2011

SEKILAS TEORI CARA BELAJAR DAN MENGAJAR MATEMATIKA

PRINSIP BELAJAR MENGAJAR MATEMATIKA

Berdasarkan hasil-hasil eksperimen dan observasi yang dilakukan oleh Bruner dan Keny, mengemukanan empat prinsip tentang cara belajar dan mengajar matematika.

a.Teorema Konstruksi (Construction Theorem)
Di dalam teorema konstruksi dikatakan bahwa cara terbaik bagi seseorang siswa untuk mempelajari sesuatu konsep atau prinsip dalam matematika adalah dengan mengkonstruksi sebuah representasi dari konsep atau prinsip tersebut.

b.Teorema Notasi (Notation Theorem)
Di dalam teorema notasi, representasi dari sesuatu materi matematika akan lebih mudah dipahami siswa apabila di dalam representasi itu digunakan notasi yang sesuai dengan tingkat perkembangan kongnitif siswa.
Penggunaan notasi yang tepat akan mempermudah ditemukannya penyelesaian untuk berbagai macam soal, mempermudah ditemukannya berbagai prinsip matematika, dan juga mempermudah pengembangan berbagai konsep, prinsip, dan prosedur dalam matematika.



c.Teorema Kekontrasan dan Variasi (Contrast and Variation Theorem)
Di dalam teorema kekontrasan dan variasi dikemukakan bahwa sesuatu konsep matematika akan lebih mudah dipahami oleh siswa apabila konsep itu dikontraskan dengan konsep-konsep yang lain menjadi jelas.
Selain itu di dalam teorema ini juga disebutkan bahwa pemahaman siswa tentang sesuatu konsep matematika juga akan menjadi lebih baik apabila konsep itu dijelaskan dengan menggunakan berbagai contoh yang bervariasi.

d.Teorema Konektivitas (Connectivity Theorem)
Di dalam teorema konektivitas disebutkan bahwa setiap konsep, setiap prinsip, dan setiap ketrampilan dalam matematika berhubungan dengan konsep-konsep, prinsip-prinsip, dan ketrampilan-ketrampilan yang lain.
Dalam pembelajaran matematika, tugas guru bukan hanya membantu siswa dalam memahami konsep-konsep dan prinsip-prinsip serta memiliki ketrampilan-ketrampilan tersebut.

Dengan memahami hubungan antara bagian yang satu dengan bagian yang lain dari matematika, pemahaman siswa terhadap struktur dan isi matematika menjadi lebih utuh.
Dalam implementasinya, dua teorema atau lebih dapat diterapkan secara bersama dalam proses pembelajaran sesuatu materi matematika tertentu. Hal tersebut bergantung pada karakteristik dari materi atau topic matematika yang dipelajari dan karakteristik dari siswa yang belajar.

Semoga bermanfaat amin.

Salam Sukse..Sukses Anda Sukses Kita semua

3 komentar:

  1. MTK adalah pelajaran yang paling saya gemari waktu di sd.. :) paling suka kalau di suruh menghapal... perkalian... :)
    kunjungan persahabatan...

    BalasHapus
  2. Thanks ....Sebenarnya asl serius Kita Bisa Kok....Salam Sukses

    BalasHapus
  3. Sekedar sharing
    Berikut lamgkah mudah meraih 1 juta pengunjung, caranya sangat mudah dan Gratis.
    1.Klik 6 ads
    2.Catat kode yang muncul
    3.Masukan Nomor kode yang muncul pada kotak yang tersedia
    4.Isikan Nama, email,URL Anda, dll
    5.Submit
    6.Konfirmasi email,
    7.Catat account dan password,
    Jangan lupa ajak 10 teman melakukan yang sama...thanks

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan pesan disini, tapi hindari spam ya...
Pastikan URL Anda tidak broken sebab penulis akan selalu mengunjungi Anda.
Terima kasih atas saran dan kritik Anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

LIMA POSTING TERBARU