KETIK DISINI UNTUK MENCARI

6 Mar 2011

Mendiknas: VARIASI SOAL UJIAN NASIONAL MINIMALISASI KECURANGAN

UJIAN NASIONAL
Magelang (ANTARA) - Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh mengatakan, pelaksanaan ujian nasional tahun ini setiap mata ujian terdiri atas lima jenis soal yang berbeda untuk meminimalisasi kecurangan.
"Kalau sebelumnya hanya dua jenis soal setiap mata ujian, tahun ini setiap kelas ada lima jenis soal untuk mata pelajaran yang sama untuk lebih meminimalisasi kecurangan siswa agar tidak saling mencontek," katanya di Magelang, Minggu.
Ia mengatakan hal tersebut, sebelum meresmikan SMP Syubbanul Wathon Tegalrejo, di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.
Menurut dia, sistem tersebut sudah diujicobakan kepada para peserta UN, dan hasilnya cukup memuaskan.
"Saya tidak mengatakan UN tahun sebelumnya banyak kecurangan. Tetapi ini hanya untuk meminimalisasi terjadinya kecurangan itu," ujarnya, menegaskan.
Ia mengatakan, kemungkinan kecurangan lain yang akan dimimalisasi adalah pengetatan distribusi soal UN karena proses ini rawan kebocoran.

 

"Di percetakan akan diawasi, distribusi menuju ke rayon juga diawasi hingga soal benar-benar sampai di sekolah. Intinya akan diminimalisasi kebocoran sebelum ujian," ujarnya.
Ia menuturkan, pengetatan ujian nasional juga dilakukan pada pengawasan oleh tim independen. Ujian tahun ini akan kembali melibatkan dosen-dosen perguruan tinggi sebagai pengawas. Ujian nasional SMP dan SMA sederajat tahun ini akan digelar April mendatang.
Hingga awal Maret ini, katanya, persiapan UN sudah mulai dilakukan dengan melakukan lelang terbuka untuk pelaksana percetakan soal-soal ujian. Bulan April 2011, pemenang tender akan diumumkan.
Menurut dia, Kementrian Pendidikan Nasional sudah mempersiapkan anggaran sebanyak Rp500 miliar untuk UN tahun 2011. Anggaran tersebut diambil dari APBN.

8 komentar:

  1. mari kita ciptakan proses UAN yang lancar aman dan jujur

    BalasHapus
  2. prosikan blognya di www.sekilasinfo.net, dapatkan backlink dofollow dan pengunjung

    BalasHapus
  3. kalau menurut saya langkah nya pak mentri udah oke, tapi lebih oke lagi kalau penyamaan pendidikan samapai ke pelosok negri ini terkebih dahulu direalisasikan..

    BalasHapus
  4. Thanks ...Yudi Darmawan...semoga saran Mas Yudi didengar oleh pelaku pendidikan...

    BalasHapus
  5. RAIH INCOME MILYARAN RUPIAH DARI RUMAH
    Anda Ingin Kaya ?.Bergabunglah dengan kami.Produk Brillian ini akan membantu Investasi Anda sehingga Terus berkembang dan berkembang sekalipun Anda Tidur di Rumah...Cukup Sekali Invest Rp.280.000,- untuk Seumur Hidup...Dijamin.

    BalasHapus
  6. Ya hanya dengan 10 Ribu rupiah sekali seumur hidup, anda akan mendapatkan peluang penghasilan tambahan sampai RATUSAN JUTA rupiah tanpa perlu bekerja keras!
    Menggunakan sistem otomatis yang pasti akan menghantarkan anda menjadi seorang JUTAWAN! DIJAMIN!

    BalasHapus
  7. Investasi Bisnis Online Modal Hanya Rp. 50.000,- Raih Kesempatan Memperoleh Jutaan Rupiah Masuk Ke Rekening Anda...Pembayaran Komisi Setiap Minggunya!!

    BalasHapus
  8. " Sebar Iklan Anda Seperti VIRUS dan Ledakkan Income Bisnis Anda Sekarang Juga ! Iklan Anda akan disebarkan seperti layaknya VIRUS yang menyebar begitu cepat. Selain itu Anda juga bisa menghasilkan Jutaan Rupiah .Silahkan Buktikan
    Rasakan sensasinya…….

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan pesan disini, tapi hindari spam ya...
Pastikan URL Anda tidak broken sebab penulis akan selalu mengunjungi Anda.
Terima kasih atas saran dan kritik Anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...