KETIK DISINI UNTUK MENCARI

17 Jun 2011

GURU DIAJAK LEBIH KREATIF MENGAJAR SISWA


Jakarta - Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal mengajak para guru dan pihak sekolah untuk lebih kreatif mengembangkan mekanisme pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Alasannya, suasana yang menyenangkan bisa  menumbuhkan keingintahuan dan kreativitas siswa terhadap pelajaran.

"Setiap anak adalah pribadi unik, yang memiliki minat dan bakat yang berbeda. Tugas guru, sekolah, dan orang tua, adalah memfasilitasi keunikan dan minat serta bakat mereka agar bisa berinovasi," tutur Fasli saat berbicara di hadapan para guru dan orang tua siswa sekolah dasar pada seminar Junior Scientist Award, di Hotel Menara Peninsula, Jakarta, Kamis (16/6).

"Esensinya, guru harus memunculkan keingintahuan mereka dalam suasana yang menyenangkan," ucapnya. Keingintahuan siswa bisa fasilitasi melalui lomba-lomba. Selain untuk meraih prestasi, sebuah perlombaan juga membangun jiwa berkompetisi bagi siswa. "Guru memiliki alat-alat untuk menciptakan curiousity, pendapat-pendapat mereka bisa dikombinasikan agar dapat bersaing," ujarnya.

Sains merupakan ilmu yang biasanya ditakuti siswa. Walaupun mereka memiliki kemampuan untuk menggali bakat mereka di bidang tersebut, tapi sains masih sering dianggap menakutkan. Melalui Junior Sains Award (JSA) ini, Tempo Group mengajak guru dan sekolah untuk mendukung siswa mereka yang berusia 10-12 tahun atau duduk di kelas IV, V, dan VI sekolah dasar negeri dan swasta untuk berkompetisi.

Dengan adanya JSA ini diharapkan bisa mendorong anak-anak berani mengembangkan pengetahuan dan kreativitas dalam bentuk penciptaan proyek sains sesuai dengan tingkat pengetahuan dan kemampuan mereka.
Fasli juga mengatakan, saat ini beban kurikulum dirasakan begitu berat. Sehingga mengurangi waktu dan kesempatan anak-anak untuk berinovasi. Untuk itu, harus diupayakan cara lain untuk membuat anak-anak lebih bergairah untuk belajar, salah satunya melalui sarana kompetisi. (aline)

Sumber : Kemendiknas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan disini, tapi hindari spam ya...
Pastikan URL Anda tidak broken sebab penulis akan selalu mengunjungi Anda.
Terima kasih atas saran dan kritik Anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...