iklan

HELLO..

HELLO.....WELCOME TO THE SECRET OF MATHEMATICS ...BLOG PEMBELAJARAN MATEMATIKA INI DIPERSEMBAHKAN BAGI ANDA YANG INGIN SUKSES ....SALAM SUKSES ...SUKSES ANDA SUKSES KITA SEMUA......CERDAS KREATIF DAN INOVATIF MODAL KESUKSESAN KITA

Dec 8, 2011

Penggandaan Naskah Soal UN 2012 Akan Disentralisasi


 Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan meningkatkan pengawasan dan keamanan terhadap soal ujian nasional 2012. Hal tersebut diungkapkan Mendikbud Mohammad Nuh saat menggelar jumpa pers di Gedung A Kemdikbud, (30/11), Jakarta. 

Salah satu bentuk peningkatan pengawasan tersebut adalah dengan mengubah sistem penggandaan soal UN menjadi sentralisasi.
Pada UN 2011, penggandaan dilakukan di setiap propinsi, sedangkan UN 2012 mendatang, penggandaan soal akan dipusatkan, dengan jumlah percetakan tidak lebih dari 10 lokasi. “Dengan begitu, pengawasannya lebih mantap, dan tingkat keamanan jadi lebih tinggi,” ujar Mendikbud M. Nuh.  Ia menambahkan, dengan semakin sedikitnya jumlah percetakan, cakupan kontrolnya menjadi lebih sempit, sehingga bisa lebih fokus melakukan pengawasan dan pengamanan soal.
Penggandaan soal secara sentralisasi juga dilakukan untuk memudahkan pengawasan kualitas percetakan. “Kualitas percetakan nantinya akan menggunakan security printing,” tutur Menteri Nuh. Lebih lanjut ia menjelaskan, di setiap lembar naskah UN 2012 akan dicetak tanda tertentu, untuk memberikan ciri, di percetakan mana naskah soal tersebut dicetak. Sehingga jika terjadi kebocoran soal, akan lebih mudah untuk menelusurinya.
“Selain itu, sentralisasi percetakan juga telah ditinjau dari aspek ekonomi, cost bisa ditekan,” ucapnya. Selain aspek ekonomi, aspek jarak distribusi  juga menjadi pertimbangan. Kemdikbud telah melakukan review terhadap percetakan di setiap provinsi pada UN 2011 lalu. Ternyata tidak semua provinsi mencetak naskah soal UN di provinsinya sendiri. “Misalnya ada provinsi Bali yang percetakannya di Jawa Timur”. Diharapkan, meskipun penggandaan soal UN 2012 dilakukan secara sentralisasi, distribusi naskah soal UN tidak menjadi hambatan.
Sementara untuk pengamanan distribusi soal, Kemdikbud akan bekerjasama dengan pihak kepolisian di titik-titik tertentu, seperti di rayon atau tingkat kecamatan. di sekolah yang menjadi lokasi ujian nasional, tidak ada penempatan personil kepolisian untuk menjaga kondisi psikologis anak didik. Ujian nasional 2012 akan berlangsung pada bulan April untuk tingkat SMA/MA. (lian)

Sumber : Kemendiknas

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan disini, tapi hindari spam ya...
Pastikan URL Anda tidak broken sebab penulis akan selalu mengunjungi Anda.
Terima kasih atas saran dan kritik Anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...