KETIK DISINI UNTUK MENCARI

24 Apr 2012

Ujian Nasional Memotivasi Siswa Giat Belajar


Jakarta --- Guna meningkatkan kredibilitas ujian nasional (UN), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan survei sebelum pelaksanaan ujian kepada peserta. Survei ini menganalisis sejauh mana keberadaan UN dapat mendorong semangat belajar siswa. Survei dilakukan dengan metode sampling di 33 provinsi, dengan membagikan kuesioner kepada siswa.
Ada empat pertanyaan dalam kuesioner. Pertanyaan pertama adalah bagaimana perasaan siswa menghadapi UN. 
Sebanyak 40,5 persen siswa menjawab biasa saja, 40,2 persen menjawab tidak biasa, dan 19,3 persen menjawab sangat tidak biasa. Pertanyaan kedua, bagaimana keyakinan siswa terhadap kelulusan UN. Sebanyak 25,6 persen siswa menjawab mereka tidak khawatir dan yakin lulus. Lalu, 7,2 persen menjawab khawatir, dan 37,2 persen lainnya menjawab sangat khawatir.
Pertanyaan ketiga dan keempat memiliki korelasi yang kuat, yaitu bagaimana tingkat kecemasan siswa menghadapi UN, dan apa pendapat mereka tentang UN. Dari jawaban mereka diperoleh persentase bahwa 56 persen siswa cemas dalam menghadapi UN, dan 79,1 persen siswa terdorong belajarnya karena UN. “Itu semangat positif, bahwa UN mendorong siswa untuk belajar,” kata Menteri Nuh kepada media di gedung Kemdikbud, Jumat (20/04).
Kecemasan merupakan kondisi mental individu yang terjadi karena adanya tantangan, tekanan, dan tuntutan untuk mencapai tujuan tertentu. Menteri Nuh mengatakan, wajar kalau ada kekhawatiran dan kecemasan bagi orang yang akan menjalani ujian. “Yang penting, kecemasan mereka mendorong mereka untuk giat belajar,” tutur Menteri Nuh
Dari grafik yang dipaparkan Menteri Nuh, sebanyak 79,1 persen siswa merasa UN mendorong mereka untuk belajar. Dan 20,9 persen lainnya merasa UN tidak memiliki efek pendorong bagi mereka untuk belajar. Menteri Nuh menilai, bagi siswa yang merasa UN tidak mendorong mereka belajar adalah karena mereka telah benar-benar siap sebelum ujian. (AR)
Sumber : Kemendiknas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan disini, tapi hindari spam ya...
Pastikan URL Anda tidak broken sebab penulis akan selalu mengunjungi Anda.
Terima kasih atas saran dan kritik Anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...