iklan

HELLO..

HELLO.....WELCOME TO THE SECRET OF MATHEMATICS ...BLOG PEMBELAJARAN MATEMATIKA INI DIPERSEMBAHKAN BAGI ANDA YANG INGIN SUKSES ....SALAM SUKSES ...SUKSES ANDA SUKSES KITA SEMUA......CERDAS KREATIF DAN INOVATIF MODAL KESUKSESAN KITA

Dec 1, 2015

MEDIA ON LINE MENEMPATI PERINGKAT 1 BEST PRACTICE MGMP MATEMATIKA KAB.NGAWI


Musyawarah Guru  Mata Pelajaran  ( MGMP ) kabupaten Ngawi patut bangga karena mendapat kucuran dana blockgrant dari pemerintah. Diklat Peningkatan Karier Guru SMP melalui MGMP Matematika  SMP Tahun 2015 Kabupaten Ngawi  dana blockgrant tersebut telah sukses terlaksana . Banyak kesan positif yang peserta lontarkan. Mereka merasa kegiatan  MGMP ini berbeda dengan kegiatan MGMP yang biasa mereka ikuti selama ini.
Tidak heran jika selama ini banyak guru yang ogah-ogahan mengikuti  kegiatan MGMP.

Apa yang beda MGMP Matematika masa lalu dengan  saat ini ?
Peserta bangga, bukan karena mereka mendapat transport dari  kegiatan ini, mereka bangga karena kegiatan MGMP Matematika  SMP Tahun 2015 Kabupaten Ngawi ini  dihadiri dan dibuka langsung oleh  Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi Bapak Abimanyu, M.Si dan dihadiri pula Bapak Istamar, M.Pd  Kasi SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi. Tidak hanya itu saja,  mereka bangga karena mereka mendapat nara sumber yang kompeten . Kehadiran  Bapak Dr.Haryono,M.Pd  dengan Materi Pengembangan  Keprofesian Berkelanjutan ( PKB ) dirasa sangat bermanfaat bagi peserta. Dengan sangat jelas, gamblang, dan menarik menjadikan peserta sangat terbantu dalam penyusunan Karya Tulis Ilmiah.Yang juga  lebih menjadi keganggaan peserta adalah  beliau, Bapak Dr.Haryono,M.Pd membuka pintu lebar-lebar 24 Jam untuk berkonsultasi.
Moh.Luluk Sodiki, M.Pd selaku Kepala SMP Negeri 2 Ngawi pun turut mengapresiasi kegiatan MGMP Matematika . Sebagai nara sumber, beliau juga mengharapkan para guru selalu membuat jurnal refleksi.Dengan membuat jurnal refleksi diharapkan para guru akan selalu meningkatkan kinerjanya. Dan masih banyak nara sumber lain yang berkenan hadir menyampaikan materinya. Yang pasti mereka berkompeten di bidangnya.
Apa yang lebih istimewa kegiatan MGMP Matematika ?
Kegiatan MGMP Matematika Kabupaten Ngawi yang telah dilaksanakan sejak 19 Nopember 2015 sampai 30 Nopember 2015 bagi peserta memang memberikan kesan istimewa tersendiri.  Ya di akhir kegiatan hari senin tanggal 30 Nopember 2015 semua peserta wajib memaparkan hasil karya best practice-nya. Mereka wajib menyampaikan hasil karya terbaiknya dihadapan dewan yuri.
Dewan Yuri yang komendani  Bapak Hadi Santoso, M.Pd dan Bapak Jimin Prayitno, M.Pd ( Pengawas Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi ) akhirnya  menetapkan 5  guru dengan karya terbaik.
Berikut hasil penilaian dewan yuri berdasarkan karya terbaiknya.
I.   Dwi Budi Priyanta……   SMP Negeri 2 Ngawi
II.  Heru Susilo …………      SMP Negeri 2 Kwadungan
III. Nyamik Purwaningsih  SMP Negeri 3 Karangjati
IV.  Nawiya ……………… ..    SMP Negeri 2 Ngrambe
V.   Syamsiharno ………      SMP Negeri 6 Ngawi

Kegiatan MGMP yang dikomendani Arif Rachman,S.Pd, M.Pd guru SMP Negeri 2 Ngawi beserta jajaran pengurus, Rochayadi guru SMPN 1 Kendal, Puguh Susilo guru SMPN 3 Ngrambe, JemiHari Puryanto, S.Pd guru SMPN 2 Bringin , Drs.Mardi, M.Pd guru SMPN 1 Pangkur,  dan diikuti 30 guru matematika dari 30 SMP Kabupaten Ngawi, akhirnya ditutup oleh Bapak  Hadi Santoso, M.Pd dan Bapak Jimin Prayitno, M.Pd.dengan pesan kepada para guru untuk meningkatan profesionalitasnya, dan bekerja dengan tulus dan iklhas, karena para guru tempatnya di Surga.Amin

Bagaimana Pola MGMP Kota lain ?

Mengintip situs kemdikbud,  Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Ikhsan, mengatakan setelah dilakukan pemetaan terhadap kompetensi guru melalui Program Pemetaan dan Penguatan Kompetensi Guru (P2KG), tahap selanjutnya adalah pendampingan. Dalam tahap pendampingan ini, Dinas Pendidikan Kota Surabaya melibatkan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan perguruan tinggi, yaitu Universitas Negeri Surabaya (Unesa)

Dalam pelatihan, guru-guru juga akan mendapatkan materi tambahan mengenai kurikulum antinarkotika, UU perlindungan anak, lingkungan , wawasan kebangsaan, nasionalisme, juga mengenai karya tulis ilmiah. Ikhsan mengatakan, Dinas Pendidikan Kota Surabaya menyiapkan pelatihan untuk 35 jam. Beberapa hal yang terdapat dalam pelatihan itu juga bisa menambah angka kredit guru, seperti penulisan karya ilmiah senilai 3 poin, pembuatan makalah senilai 2 poin, penerbitan jurnal di jurnal nasional senilai 3 poin, dan pelatihan 35 jam itu sendiri yang senilai 1 poin. ( Sumber :  Kemendikbud ).

Nah..teman-teman guru mari kita dukung kegiatan MGMP apapun polanya demi peningkatan keprofesionalan kita.
Dan kita berharap pemerintah akan tetap selalu mengucurkan Dana Blockgrant kepada kita semua.

Semoga.

Penulis : Dwi Budi Priyanta


Album Kegiatan MGMP Matematika Kabupaten Ngawi



 
        Sambutan Kepala Dinas Kabupaten Ngawi 

 
 
      Ketua MGMP, Arif Rachaman, S.Pd, M.Pd

 




                       Peraih 5 Besar Karya Terbaik



                   


           Istamar, M.Pd Kasi SMP Dindik Ngawi




      Peserta Aktif Mengikuti Kegiatan




                           Diskusi Kelompok

 

Diskusi Kelompok

                                           

                           Peserta Diklat


                            Kegiatan Presentasi 


       Kegiatan On-Setvice,  bersama Moh.Luluk Sodiki, M.Pd
       Kepala SMPN 2 Ngawi



1 comment:

Silahkan tinggalkan pesan disini, tapi hindari spam ya...
Pastikan URL Anda tidak broken sebab penulis akan selalu mengunjungi Anda.
Terima kasih atas saran dan kritik Anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...