KETIK DISINI UNTUK MENCARI

31 Mar 2016

Mengenal Lebih Dekat Georg Cantor Penemu Teori Himpunan


Matematikawan Asal German
Georg Cantor (1845-1918) ialah seorang matematikawan asal Jerman keturunan Yahudi. Ia adalah orang pertama yang menemukan teori himpunan. Ketika teori himpunan diperkenalkan pertama kalinya oleh Georg Cantor, tidak banyak matematikawan yang melihat seberapa penting teori itu. Akan tetapi, sekarang teori himpunan digunakan sebagai dasar untuk mempelajari matematika modern.
(https://id.wikipedia.org/wiki/Georg_Cantor )

Penemu Teori Himpunan
Georg Cantor juga  ahli matematika  Jenius, penemu  teori  himpunan, penemu  konsep bilangan lewat terhingga (transfinit),  doktor,  guru besar, dan pengarang. Ia tahir di St. Patersburg  sekarang leningrad Rusia, pada  tangal  3  Maret 1845 dan meninggal di Halle. Jerman,  pada tanggal  6 Januari  1918 pada umur 73  tahun  karena sakit jiwa. sebab teorinya ditentang  para ahli matematika  sezamannya.
Pada umur 22 tahun  ia mendapat  gelar dolctor. Tesisnya berjudul " Dalam Matematika Bertanya Lebih Berharga Dari Memecahkan soal.
Kemudian  ia bekerja di Universitas  Halle  sampai akhir hidupnya. Mula-rnula  ia  hanya  digaji sebagai dosen  tak  tetap.

Mengumumkan Teorinya Pada Umur 28 Tahun
Pada umur 27  tahun ia diangkat  jadi guru besar pembantu. Baru  pada  umur 34 tahun  ia cliangkat jadi guru besar tetap. Cantor menikah  pada umur 29 tahun di lnterlaken, Swiss. dengan' Valley Cuttman. Meskipun gajinya kecil, ia dapat membangun  rumah  untuk  istri karena rnendapat warisan  dari ayahnya.
Pada tahun 1873 pada urnur 28 tahun, Cantor mengumumkan  teorinya. Selarna  l0 tahun  ia terus-menerus  menyebarluaskan  teorinya dalam tulisan- tulisannya. Teori himpunan  dan Konsep Bilangan  Transfinit-nya menggemparkan  dunia matematika.  Tapi penemuannya  itu tidak menguntungkan  Cantor.  Ia mendapat tantangan  hebat dari ahli-ahli matematika pada  waktu itu, terutama  dari gurunya  ialah Kronecker. Akan  tetapi penernuan beliau  sampai  sekarang  hampir  seluruh orang di dunia menerima  Teori Himpunan.

Hikmah Yang Kita Petik
Beberapa hikmah yang mungkin  bisa  kita petik sebagai berikut:
l.  Barang siapa yang bersungguh-sungguh untuk mencapai apa yang diinginkan"  rnaka  ia akan mendapatkan apa yang diinginkan.
2.Salah satu ciri orang yang cerdas dan kreatif  adalah  selalu mempertanyakan  segala sesuatu. Misalnya  rnengapa  ada kelompok-kelompok  hewan ? Mengapa  ada kelompok tumbuhan ? Mengapa ada pembagian  wilayah  waktu? Mengapa  ada  ikan  yang yang hidupnya  di laut dan di air tawar ? Mengapa ada pengelompokan  kelas di sekolah? Dan lain-lain
3  Kita harus selalu bersyukur atas semua nikmat apapun yarrg diberikan Allah kepada kita.
Nikmat hidup, nikmat dapat melihat,  nikmat dapat mendengar,  nikmat  rezki, dan masih banyak  lagi yang  lainnya.
4. Hidup didunia  ini memang untuk memecahkan  masalah  clan hambatan. Setiap manusia pastilah  mempunyai  masalah  yang membuat hidupnya kadangkala  senang  dan kadangkala susah, Jika Seseorang  mampu melewati  dan memecahkan  masalah  dan hambatan  yang dihadapinya  clengan  baik dan sabar, maka ia termasuk  orang yang mensyukuri  nikmat Allah.

Postingan disalin dari : Buku Paket Matematika VII, Kemendikbud RI Tahun 2015 dan sumber lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan disini, tapi hindari spam ya...
Pastikan URL Anda tidak broken sebab penulis akan selalu mengunjungi Anda.
Terima kasih atas saran dan kritik Anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...