KETIK DISINI UNTUK MENCARI

29 Mar 2016

Mengenal Zu Chungzhi ahli Matematika dan Astronomi dari Tiongkok



Matematika dan Astronomi
Zu Chungzhi lahir di kota Jiankang (Nanjing), Tiongkok pada tahun 429M. Sejak kecil ia sangat cerdas dan suka pengetahuan di bidang matematika dan astronomi. Pada tahun 464, Zu Chungzhi mulai tertarik untuk menemukan bilangan π.
Dari sekiah ahli matematika Tiongkok yang berupaya menemukan bilangan π, Zu Chungzhi mampu menemukan bilangan yang paling akurat dengan π yang saat ini kita gunakan.

Nilai π Lebih Teliti
Sebelum Zu Chungzhi, ahli matematika Tiongkok Liu Hui mengajukan cara ilmiah untuk menghitungkan  π, dengan panjang keliling poligon beraturan di dalam lingkaran untuk mendekati panjang keliling lingkaran yang asli. Dengan cara ini Liu Hui berhasil menemukan π sampai 4 angka dibelakang koma. Sedangkan melalui penelitian pada abad ke-50, Zu Chungzhi mampu menemukan bilangan π dengan ketelitian sampai 6 angka di belakang koma dibandingkan dengan bilangan π saat ini. Zu Chungzhi juga menemukan nilai mirip π dalam bentuk bilangan pecahan 113/355 .

Teladan Yang Bisa Dicontoh
Teladan yang bisa dicontoh dari Zu Chungzhi antara lain:
Zu Chungzhi adalah seorang yang tekun dan gigih dalam berusaha. Meskipun orang- orang sebelumnya sudah menemukan π yang sudah mendekati, Zu Chungzhi tetap gigih berusaha untuk menemukan π yang lebih mendekati.
Sebagai seorang Tiongkok, Zu Chungzhi punya keingintahuan terhadap ilmu pengetahuan yang besar. Selain menemukan π, Zu Chungzhi juga banyak menemukan penemuan di bidang astronomi.

Postingan disalin dari : Buku Paket Matematika VIII, Kemendikbud RI Tahun 2015 dan sumber lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan disini, tapi hindari spam ya...
Pastikan URL Anda tidak broken sebab penulis akan selalu mengunjungi Anda.
Terima kasih atas saran dan kritik Anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...