KETIK DISINI UNTUK MENCARI

29 Mei 2009

GURU MANGKIR MENGAJAR = KORUPTOR ?

Mengancam Pendidikan
Rasanya ngeri juga ya, kalau korupsi sudah menyentuh dunia pendidikan.Nah postingan kali ini penulis pilihkan artikel dengan judul Korupsi Mengancam Pembangunan Pendidikan yang penulis ambil dari harian Kompas.Silahkan simak dan tanggapi...

KORUPSI MENGANCAM PEMBANGUNAN PENDIDIKAN
Korupsi di dunia pendidikan mengancam pembangunan pendidikan.Kenaikan anggaran yang diperjuangkan dengan susah payah perlu disertai pengawasan publik.

TUJUH POLA PENYIMPANGAN
Hasil penelitian dan kajian yang dilakukan oleh Indonesia Corruption Watch ( ICW ) dan Pusat Telaah dan Informasi Regional ( Pattiro ) di dunia pendidikan masih terjadi penyimpangan anggaran pendidikan.Berikut adalah hasil temuan Chitra Septyadrica, peneliti Program Manager Pattiro tentang penyimpangan anggaran
Adapun ke tujuh pola penyimpangan yang terjadi yakni;
- Pengucuran dana tidak sesuai kebutuhan sekolah
- Keterlambatan pencairan
- Penyimpangan cara penyaluran
- Potongan tidak wajar
- Belanja tidak sesuai peruntukannya
- Pengurangan hasil
- Kebocoran dalam alokasi, penggunaan, dan audit dana
HTRANSPARASI SANGAT RENDA
Skema penyaluran anggaran ke sekolah juga rumit dan setiap skema mempunyai aturannya masing-masing.Selain itu transparansi anggaran sangat rendah.
Menurut Febri Hendri, peneliti dari ICW , bahwa pengelolaan anggaran pendidikan masih carut marut.

MANIPULASI ANGGARAN
Masih Menurut Febri Hendri modus yang paling banyak adalah penggelembungan, penggelapan , dan manipulasi anggaran.Sedang modus paling banyak menimbulkan kerugian adalah manipulasi anggaran dengan kerugian sekitar 110,t milyar rupiah,
Namun ada pula modus penyimpangan dan pungutan liar....terutama berkaitan dengan kewenangan pencairan anggaran.

INTERMEZZO.....
Tentang Guru Mangkir Mengajar....
Jika Anda seorang :
SISWA..............................silahkan.......... TANGGAPI
GURU ...............................silahkan.......... INTROSPEKSI
KEPALA/PIMPINAN.....silahkan .........TEGUR
KEPALA DINAS ........... silahkan ........ BERI SANKSI
Bagaimana dengan Bapak Menteri Pendidikan.......
Silahkan ...........TINGKATKAN KESEJAHTERAAN bagi GURU RAJIN, DISIPLIN dan BERDEDIKASI TINGGI

Nah untuk Pembaca .........silahkan ................BERKOMENTAR disini

Sumber : Kompas, 5 Mei 2009

10 komentar:

  1. whohohohol.....

    tapi kok pada umumnya siswa lebih seneng guru mangkir yaaah...

    *jam kosooong*

    BalasHapus
  2. ha ha ha...


    ntar kl aquh dah diangkat jadi presiden, semua na (dari mentri pek siswa) saya pencat bozzz...

    biar g ada korupsi di kalangan civitas akademik...


    ho ho ho....

    BalasHapus
  3. Korupsi kan memang susah merajalela di mana-mana dan dalam segala sektor . Dan korupsi sebenarnya bukan hanya korupsi duit, bisa jadi korupsi waktu dsb. Guru mangkir ? bener tuh anak saya bolak balik biloang gurunya nggak datang...

    BalasHapus
  4. yah,,,
    pak..
    saya sependapat..
    guru mangkir = korupsi..

    itu alasan saya ngak pngn masuk sma negeri dan milih swasta..
    karena kalo dinegeri gurunya mangkir mulu...
    bete aku pak...

    BalasHapus
  5. mengajar denagn hati berbeda mengajar karena salery tetef fantastic guruku

    BalasHapus
  6. Tindakan yang tegas harus dari atas...dan terus kebawah.kalau kepalanya sering mangkir, yang dibawah ikutan hehehee..kembali kemasing2 individunya

    BalasHapus
  7. heheheh kl saya sebagai siswa sih... seneng kl gurunya mangkir ;p

    JAM BEBAAAAAAAAAAAAAAAAAAASSSSSSS

    BalasHapus
  8. Guru mangkir ngajar sih sah-sah saja dan manusiawi sepanjang alasannya masuk akal; yang jadi pertanyaan saya adalah: anggaran pendidikan sudah 20% APBN tapi di beberapa daerah koq bisa sebuah sekolah muridnya gak lulus unas 100% dengan diikuti berita yang gak mengenakkan...

    BalasHapus
  9. Korupsi tidak hanya materi tetapi juga waktu, tentang GURU MANGKIR,, jawabannya adalah: ya iya laah...!!! iTU SALAH SATU BENTUK KORUPSI...

    BalasHapus
  10. wahh banyak banget jenis korupsi yg dilakukan oleh manusia

    tentang GURU MANGKIR,,iTU SALAH SATU BENTUK KORUPSI...

    dateng juga ke dunia game di http://nefthedragoncurse.blogspot.com/

    coba yaa

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan pesan disini, tapi hindari spam ya...
Pastikan URL Anda tidak broken sebab penulis akan selalu mengunjungi Anda.
Terima kasih atas saran dan kritik Anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...