HELLO..

HELLO.....WELCOME TO THE SECRET OF MATHEMATICS ...BLOG PEMBELAJARAN MATEMATIKA INI DIPERSEMBAHKAN BAGI ANDA YANG INGIN SUKSES ....SALAM SUKSES ...SUKSES ANDA SUKSES KITA SEMUA......CERDAS KREATIF DAN INOVATIF MODAL KESUKSESAN KITA

Nov 17, 2010

GURU MATEMATIKA RSBI PINGSAN SAAT UJI KOMPETENSI

HOTEL UTAMI
Bertempat di Hotel Utami Surabaya, pada tanggal 11 – 12 Nopember yang lalu
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur melaksanakan Uji Kompetensi dengan target 400 guru SMP RSBI pada tahap I, khususnya guru SMP yang mengajar Matematika, IPA dan Bahasa Inggris. Kepala Bidang Tenaga Pendidik dan Kependidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Ibu Dra.Nur Srimastutik, MM, pada acara pengarahan menyatakan bahwa Uji Kompetensi Guru ini dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai penguasaan materi ajar (substansi) dan metode pembelajaran setiap guru.Hasil uji kompetensi ini akan menentukan apakah seorang guru masih dalam kategori layak mengajar atau belum layak mengajar.

Selanjutnya guru yang dikategorikan belum layak mengajar harus diberi pelatihan pendalaman materi dan pelatihan kemampuan dalam proses belajar mengajar dikelas.
Uji kompetensi guru bidang studi SMP RSBI ini merupakan tes yang mengukur penguasaan materi ajar dan metode pembelajaran pada mata pelajaran di jenjang pendidikan SMP dan merupakan persyaratan minimal seorang guru untuk dapat mengejar.
Nah saat ujian berlangsung salah sorang peserta ada yang pingsan, beruntung yang bersangkutan segera sadar dang bisa mengikuti sampai tuntas.

LANDASAN
Berdasar Undang-Undang Republik Indonesia No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, ada 4 kompetensi yang harus dimilki oleh seorang guru profesional yaitu kompetensi profesional ( akademik ), kompetensi pedagogic, kompetensi social, dan kompetensi kepribadian.Nah salah satu upaya yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur untuk meningkatkan kualitas pendidikan khusunya kualitas guru adalah melakukan uji kompetensi guru.
Menurut Kepala Kepala Bidang Tenaga Pendidik dan Kependidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, tujuan khusus pelaksanaan uji kompetensi guru SMP RSBI ini adalah untuk mendeskripsikan kometensi akademis dan pedagogic, peta kualitas , kajian kualitas guru mata pelajaran Matematika, IPA dan Bahasa Inggris.
Uji Kompetensi Guru SMP RSBI pada tahap II direncanakan akan dilaksanakan
di Hotel Purnama di Malang tanggal 21-22 Nopember 2010

PROFESIONALISME GURU
Tentu uji kompetensi ini ingin mewujudkan guru yang benar-benar profesional.
Lalu guru profesional yang bagaimana yang dimaksud ?
Perihal profesi dan profesionalisme guru sebenarnya sudah mulai didengungkan Pada awal tahun 1990-an.Satu diantaranya dilakukan oleh Prof.Drs.Pieter Alex Sahertian dalam pidato pengukuhannya sebagai guru besar Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Negeri Malang. 30 Nopember 1992.Kala itu ia mencoba membahas guru sebagai profesi dengan title : Paradigma Guru, Kaitannya dengan Profesionalisasi Tenaga Kependidikan.
Ada hal yang menarik yang disampaikan kala itu dan masih relevan untuk dikemukanan disini, yakni empat prototype guru.
Berturut-turut diistilahkan dengan :
1).Guru yang profesional
2).Guru yang suka kritik
3).Guru yang terlalu sibuk
4).Guru yang tidak bermutu

GURU PROFESIONAL
Pada postingan yang lalu telah dibahas protipe guru .Nah menurut Profesor Sahertian, Guru yang Profesional memiliki tingkat abstrak , tanggung jawab dan komitmen yang tinggi.Ia benar-benar profesional melalui peningkatan kemampuan secara terus-menerus.Orang yang profesional selalu mempunyai kemampuan untuk mengembangkan dirinya terus-menerus.Siswa maupun sejawat bersama-sama diajak menunuaikan tugas dan kewajibannya, menentukan berbagai alternatif, membuat program yang rasional dan mengembangkan serta melaksanakan rencana kegiatan secara tepat.Hal itu dilaksanakan tidak hanya di kelasnya saja tetapi untuk seluruh sekolah.
Seorang guru profesional dihargai oleh teman-teman sejawat dan dihormati, dianggap sebagai ”pemimpin” yang selalu mau membantu siapa saja yang membutuhkannya.Ia tidak hanya mampu mencetuskan ide-ide, aktivitas maupun sarana penunjang , tetapi ia juga terlibat secara aktif dalam melaksanakan suatu rencana hingga selesai.Ia seorang pemikir dan sekaligus pelaksana.

MATERI UJI KOMPETENSI
Nah kembali pada uji kompetensi guru, sekedar mengingatkan, berikut adalah materi yang diujikan pada uji kompetensi guru SMP RSBI
Materi yang diujikan mencakup empat aspek sebagaimana yang terdapat dalam standar kompetensi guru yaitu:
a.Kompetensi Pedagogic
1. RencanA Pembelajaran
2. Pelaksanaan Pembelajaran
3. Evaluasi Pembelajaran
4. Landasan Kependidikan
5. Kebijakan pendidikan
6. Tingkat perkembangan peserta didik
7. Pendekatan pembelajaran
8. Penguasaan kurikulum

b.Kompetensi Kepribadian
1. Sikap terhadap profesi
2. Motivasi
3. Kepribadian

c.Kompetensi Sosial
1. Komunikasi
2. Pemanfaatan teknologi informasi
3. Kemampuan hidup bermasyarakat
4. Pengabdian pada masyarakat
5. Keterlibatan dalam berbagai lembaga kemasyarakatan

d.Kompetensi Profesional
1. Subtansi Keilmuan yang terkait dengan materi ajar yang ada dalam kurikulum
2. Pemahaman terhadap hubungan konsep antar mata pelajaran/materi ajar
3. Penerapan konsep-konsep keilmuan dalam kehidupan sehari-hari
4. Pengetahuan penelitian dan kajian untuk menambah wawasan
5. Memperdalam pengetahuan/materi yang diajarkan.

Nah, para guru SMP RSBI bersiap-siaplah diuji kompetensinya.

Semoga tulisan ini bermanfaat....SUKSES UNTUK SEMUA

8 comments:

  1. Sebarkan web anda gratis ....disini,
    masukkan empat kode yang anda peroleh,
    login dengan account yang baru saja dibuat...thanks

    ReplyDelete
  2. Naikkan trafic Free...Yang ini lebih seru...masukkan enam kode...buka email konfirmasi, lihat account dan pasword...maksih

    ReplyDelete
  3. Sebarkan Bisnis Anda dengan memasang iklan disini...free
    Maksih

    ReplyDelete
  4. kunjungan persahabatan...salam kenal

    ReplyDelete
  5. salam perkenalan...yg masih gaptek silahkan klik link ini

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan pesan disini, tapi hindari spam ya...
Pastikan URL Anda tidak broken sebab penulis akan selalu mengunjungi Anda.
Terima kasih atas saran dan kritik Anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...