KETIK DISINI UNTUK MENCARI

27 Apr 2011

UJIAN NASIONAL SEBAGAI UJIAN KEJUJURAN


Jakarta --- Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal menilai pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP di hari pertama sudah berjalan dengan baik dan sesuai standar operasional prosedur (SOP). Kementerian Pendidikan Nasional pun terus berkoordinasi dengan jajaran pemerintah daerah dan sekolah-sekolah.

"Di DKI, baik SMA maupun hari ini untuk SMP, Standar Operasional Prosedur sudah dilakukan dengan ketat. Selain itu, tingkat kecemasan siswa terhadap UN pun tidak seperti yang diduga banyak pihak," tuturnya mengunjungi SMP Negeri 38 Jakarta, (25/04). Wamendikas berharap, UN tidak hanya dijadikan sebagai titik acuan kelulusan siswa secara pribadi, melainkan juga bisa digunakan untuk mengevaluasi perbaikan mutu sekolah.

Fasli mengajak semua pihak untuk melihat UN sebagai ujian kejujuran. "Pertama, kejujuran terhadap sistem pendidikan," katanya. Selain itu, UN juga mengupayakan hasil yang riil, dengan mengutamakan kejujuran pengawasan melalui pengawasan silang. Pengawasan silang merupakan sistem dengan menempatkan guru mata pelajaran tertentu untuk tidak menjadi pengawas UN saat mata pelajaran yang diajarkannya diujikan.
Ia juga menegaskan bahwa dalam sistem pendidikan, tidak boleh ada rasa kecurigaan. "Mari kita lihat UN sebagai semangat kejujuran dalam pencapaian hasil belajar anak-anak," ujarnya.

Sedangkan soal isu kebocoran soal UN dan kunci jawaban, Wamendiknas mengatakan, Kemdiknas telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk menyelidiki kebenarannya. "Semua informasi yang masuk langsung kita tindak lanjuti," tuturnya. (lian)
Sumber : kemendiknas

1 komentar:

  1. Kejujuran Modal Utama untuk Sukses...thanks salam

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan pesan disini, tapi hindari spam ya...
Pastikan URL Anda tidak broken sebab penulis akan selalu mengunjungi Anda.
Terima kasih atas saran dan kritik Anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...