iklan

HELLO..

HELLO.....WELCOME TO THE SECRET OF MATHEMATICS ...BLOG PEMBELAJARAN MATEMATIKA INI DIPERSEMBAHKAN BAGI ANDA YANG INGIN SUKSES ....SALAM SUKSES ...SUKSES ANDA SUKSES KITA SEMUA......CERDAS KREATIF DAN INOVATIF MODAL KESUKSESAN KITA

Nov 8, 2012

Rabun Membaca Lumpuh Menulis


Jakarta --- Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang Pendidikan, Musliar Kasim, mengatakan minat baca anak Indonesia sangat kurang. Bahkan saat ia bertemu dengan Taufik Ismail, sastrawan senior itu memberikan  istilah “rabun membaca lumpuh menulis” untuk masyarakat Indonesia. Demikian dikatakannya saat pemberian  hadiah Sayembara Penulisan Naskah Buku Pengayaan 2012, di Hotel Arya Duta, Jakarta, (5/11).
Menurut Wamendikbud Musliar,
ada beberapa kemungkinan atau penyebab rendahnya minat baca, salah satunya orang tua yang tidak membiasakan anak-anaknya membaca. Karena itu ia menghimbau orang tua dan tenaga pendidik untuk menumbuhkan kebiasaan membaca kepada anak-anak. “Kebiasaan membaca kalau dipelihara dan disebarluaskan ke anak didik kita akan memberikan  manfaat yang luar biasa,” katanya.
Faktor lain yang menyebabkan rendahnya minat membaca adalah tidak banyak tersedia buku-buku yang menarik, terutama buku cerita. Adanya kegiatan Sayembara Penulisan Naskah Buku Pengayaan yang menghasilkan naskah buku dengan berbagai versi, diharapkan bisa memperkaya khasanah pilihan buku bacaan bagi anak-anak. Menurutnya, anak-anak akan gembira dan lebih tertarik membaca buku yang ditulis gurunya sendiri karena ada perspektif  kedaerahan. Naskah buku yang ditulis dengan perspektif lokal dekat dengan kehidupan anak-anak, sehingga lebih menarik dibaca.
Sementara untuk minat dan kemampuan menulis, Wamendikbud Musliar Kasim mengatakan, saat memenuhi undangan Wakil Presiden Boediono untuk berdiskusi tentang kondisi dunia pendidikan dengan tokoh lain, mereka sepakat bahwa kemampuan berkomunikasi para lulusan perguruan tinggi masih lemah, baik komunikasi  lisan maupun tulisan. Karena itu ia berharap Sayembara Penulisan Naskah Buku Pengayaan bisa menjadi motivasi bahwa menulis bukan hal yang sulit. “Mudah-mudahan ini bisa mendorong orang untuk menulis. Kalau kita serius menulis pemikiran kita, ketika tulisan kita bagus, orang akan memberikan apresiasi,” katanya. (DM)

Sumber : Kemendiknas                                                                                                              Judul Asli :Sayembara Penulisan Naskah Buku Bisa Tingkatkan Minat Baca dan Tulis

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan disini, tapi hindari spam ya...
Pastikan URL Anda tidak broken sebab penulis akan selalu mengunjungi Anda.
Terima kasih atas saran dan kritik Anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...