KETIK DISINI UNTUK MENCARI

26 Nov 2014

Guru Diminta Bangkitkan Tanggung Jawab Siswa sebagai Warga Negara


Seorang warga negara sudah seharusnya memiliki peran dan tanggung jawab untuk membangun dan menjaga negaranya. Tanggung jawab tersebut seyogianya ditanamkan sedini mungkin kepada anak-anak bangsa.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan meminta guru
berperan dalam menanamkan tanggung jawab tersebut kepada anak-anak didiknya. Cara yang paling baik adalah mengajak dengan melihat teladan. Artinya, guru harus menjadi teladan bagi siswanya.
“Bapak ibu guru sekalian punya tanggung jawab untuk menanamkan itu. Saya guru, saya orang tua, saya warga negara Indonesia. Sebagai seorang warga negara harus menunjukkan sikap bahwa saya mau berperan di Indonesia,” kata Mendikbud saat menjadi pembicara kunci dalam seminar pendidikan "Mewujudkan Revolusi Mental melalui Penguatan Peran Strategis Guru", Rabu (26/11), di Kantor Kemendikbud, Jakarta.
Mendikbud mengatakan, upaya menanamkan tanggung jawab kepada anak perlu didukung oleh lingkungan. Anak-anak harus diajak terlibat dan aktif di lingkungannya. Baik di rumah, sekolah, maupun lingkungan bermainnya.
Kondisi masyarakat saat ini, kata Menteri Anies, sebagian dari mereka cenderung memisahkan diri dari lingkungan. Hal tersebut dibuktikan dengan rumah-rumah penduduk yang berpagar tinggi dan setiap ke luar dari rumah selalu menggunakan mobil, pun sekolah pagarnya tinggi dan tertutup. “Itu cermin bahwa kadang kita bukan bagian dari masyarakat,” katanya.
Mendikbud menekankan, kondisi tersebut tidak bisa dibiarkan. Revolusi mental sangat diperlukan terutama mengingat peran strategis guru yang berhadapan langsung dengan anak-anak."Beri mereka teladan. Kalau bapak ibu (guru) terlibat di masyarakat, anak-anak pasti akan mengikuti," katanya. (Aline Rogeleonick)


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan pesan disini, tapi hindari spam ya...
Pastikan URL Anda tidak broken sebab penulis akan selalu mengunjungi Anda.
Terima kasih atas saran dan kritik Anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...