KETIK DISINI UNTUK MENCARI

21 Jan 2015

Ujian Nasional, Instrumen Domestik dengan Standar Internasional

Hasil ujian nasional (UN) tidak lagi digunakan sebagai salah satu penentu kelulusan. Tapi fungsi UN sebagai salah satu syarat masuk perguruan tinggi negeri (PTN) tetap berlaku. Mendikbud Anies Baswedan mengatakan, hasil UN tidak hanya digunakan perguruan tinggi di Indonesia, melainkan
digunakan juga oleh perguruan tinggi di luar negeri.
“UN ini alhamdulillah sudah menjadi alat untuk universitas-universitas luar (negeri) menerima lulusan Indonesia,” katanya saat berdiskusi dengan redaksi Jawa Pos di Gedung Graha Pena, Jakarta, (16/01/2015).
Dengan begitu, ujar Mendikbud, UN sudah menjadi standar yang diakui secara internasional, atau merupakan instrumen domestik yang berlaku di internasional. “Sebagai bangsa kita punya alat ukur yang kita buat sendiri. Kita punya ukuran lokal yang diakui secara internasional,” ujarnya.
Untuk di perguruan tinggi dalam negeri, pada tahun-tahun sebelumnya, UN menjadi syarat pendaftaran masuk PTN yang cukup penting. Siswa wajib lulus UN untuk mendaftar kuliah di PTN. Namun tahun ini UN tidak dijadikan penentu kelulusan. (Desliana Maulipaksi)

Postingan ini diambil langsung dari situs resmi kemendiknas http://www.kemdiknas.go.id/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan pesan disini, tapi hindari spam ya...
Pastikan URL Anda tidak broken sebab penulis akan selalu mengunjungi Anda.
Terima kasih atas saran dan kritik Anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...