KETIK DISINI UNTUK MENCARI

17 Feb 2016

Joseph Louis Proust, Ahli Kimia, Sekaligus Matematikus Yang Sangat Jenius



Joseph Louis Proust (1754-1826) adalah seorang ahli kimia bangsa Prancis, antara tahun 1789-1808 ia menjadi guru besar di Madrid. Ia menentang pendapat Berthollet, selama kurang lebih 8 tahun dengan penuh kebijaksanaan. Pada tahun 1799 ia membuktikan bahwa tembaga karbonat yang dibuat di laboratorium dan tembaga karbonat yang berasal dari alam, jika dipanaskan
mengeluarkan gas karbondioksida dalam jumlah persen yang sama. Disamping itu ia juga menunjukkan bahwa beberapa logam dapat membentuk lebih dari satu macam oksida atau sulfida, yang masing-masing mempunyai susunan kimia tertentu.

Menurutnya senyawa-senyawa dalam keadaan murni masing-masing mempunyai susunan kimia  yang tetap atau tertentu. Karena itu ia mempertahankan pendapatnya, yaitu bahwa suatu zat itu  mempunyai susunan kimia yang tetap dengan demikian ia dianggap sebagai penemu "Hukum Perbandingan Tetap". Pada tahun 1805 para ahli banyak menyetujui pendapat Proust dan dengan berkembangnya teori atom Dalton pada tahun 1807, maka berakhirlah pertentangan dengan Berthollet tentang faktor-faktor yang mempengaruhi suatu reaksi, yaitu kuantitas massa suatu zat yang bereaksi. Proust meninggal dunia pada 5 Juli 1826 di Angers.

Hukum perbandingan tetap atau sering disebut hukum Proust adalah adalah hukum yang menyatakan bahwa suatu senyawa kimia terdiri dari unsur-unsur dengan perbandingan massa yang selalu tepat sama. Dengan kata lain, setiap sampel suatu senyawa memiliki komposisi unsur-unsur yang tetap. Misalnya, air terdiri dari 8/9 massa oksigen dan 1/9 massa hidrogen. Bersama dengan hukum perbandingan berganda (hukum Dalton), hukum perbandingan tetap adalah hukum dasar stoikiometri.



Hikmah yang bisa diambil
Berbagai Rumus penting tersebut, tentu hanyalah secuil dari hasil pemikiran oleh Joseph Louis Proust yang sampai saat ini masih bertahan. Kemampuan beliau dalam menciptakan berbagai rumus baru pada ilmu matematika, telah membuktikan bahwasanya Joseph Louis Proust adalah pakar matematikus yang sangat jenius sekali.

Postingan disalin dari : Buku Paket Matematika IX, Kemendikbud RI Tahun 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan disini, tapi hindari spam ya...
Pastikan URL Anda tidak broken sebab penulis akan selalu mengunjungi Anda.
Terima kasih atas saran dan kritik Anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...