KETIK DISINI UNTUK MENCARI

16 Feb 2016

Mengenal Lebih Dekat Leonardo Fibonacci Matematikawan Italia Peneliti Deret Fibonacci



Leonardo dari Pisa atau lebih dikenal dengan  nama Leonardo Fibonacci (lebih singkatnya  Fibonacci) adalah seorang ahli matematika  Italia. Ia terkenal karena penelitiannya dalam  Deret Fibonacci dan perannya mengenalkan  tentang algorisme di wilayah Eropa.
Algorisme  merupakan sistem bilangan Arab modern dalam  penempatan bilangan desimal untuk menulis dan  memanipulasi angka.  

Ayah Leonardo bernama Guglielmo  (William) dengan nama panggilan Bonaccio. William bertugas mengatur pos perdagangan pada sebuah pelabuhan di Aligiers pada zaman  dinasti kesultanan Almohad di Barbaresque, Afrika Utara. Leonardo Fibonacci pergi ke sana untuk membantu ayahnya. Di sanalah ia belajar  tentang sistem  bilangan Arab.

Setelah melihat bahwa aritmetika dengan bilangan Arab lebih mudah  dan lebih efisien dibandingkan dengan angka romawi, Fibonacci melakukan perjalanan di sepanjang Mediterania untuk belajar dibawah bimbingan ahli matematika Arab terkemuka saat itu, dan kembali sekitar tahun 1200 M. Pada tahun 1202 M, saat ia berumur 32 tahun, ia menerbitkan buku yang berisi apa  yang telah ia pelajari yaitu Liber Abaci atau "Book of Calculation".

Leonardo menjadi tamu dari Emperor Frederick II, yang juga merupakan  seorang pecinta matematika dan sains. Pada tahun 1240, Republik Pisa  menganugerahi Leonardo dengan memakai nama alternatifnya, Leonardi  Bigollo.


Hikmah yang bisa diambil
1.  Fibonacci adalah orang yang mempunyai rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Sekalipun angka Romawi sudah dikenal masyarakat Eropa pada umunya,  tapi dia terus menggali informasi mengenai penulisan bilangan Arab yang  lebih mudah dan lebih efisien dari angka Romawi.
2.  Tidak mudah puas terhadap sesuatu yang sudah didapatkan, sehingga terus berfikir melakukan inovasi untuk menemukan sesuatu yang baru.
3.  Matematika adalah ilmu yang menarik untuk kita pelajari. Karena telah banyak sejarah yang menceritakan tentang peran matematika dalam memajukan peradaban manusia, salah satunya adalah deret fibonacci yang  menjadi pelopor perkembangan ilmu barisan dan deret.

Postingan disalin dari : Buku Paket Matematika IX, Kemendikbud RI Tahun 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan disini, tapi hindari spam ya...
Pastikan URL Anda tidak broken sebab penulis akan selalu mengunjungi Anda.
Terima kasih atas saran dan kritik Anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...