iklan

HELLO..

HELLO.....WELCOME TO THE SECRET OF MATHEMATICS ...BLOG PEMBELAJARAN MATEMATIKA INI DIPERSEMBAHKAN BAGI ANDA YANG INGIN SUKSES ....SALAM SUKSES ...SUKSES ANDA SUKSES KITA SEMUA......CERDAS KREATIF DAN INOVATIF MODAL KESUKSESAN KITA

Feb 29, 2016

Mengenal Karl Friedrich Gauss, Prince of Mathematics dari Jerman

Karl Friedrich Gauss lahir di Brunswick, Jerman pada tahun 1777 dan meninggal pada Februari 1855. Dari 1795-1798, Gauss belajar matematika di Universitas Gottingen. Gauss adalah seorang ahli matematika Jerman, yang memberikan kontribusi signifikan terhadap berbagai bidang,
diantaranya teori bilangan, aljabar, statistik, analisis, geometri diferensial,  geodesi, geofisika, elektrostatika, astronomi, dan optik.

Gauss memiliki pengaruh yang luar biasa di berbagai bidang. Seringkali, ia disebut sebagai  “Prince of Mathematics.” Ketika ia berusia 3 tahun, ia mengoreksi kesalahan di salah satu perhitungan gaji ayahnya. Pada usia 10 tahun, ketika gurunya memberikan tugas dikelas untuk menjumlahkan memberikan tugas dikelas untuk menjumlahkan semua bilangan bulat dari 1 sampai 100, Gauss segera menuliskan 5.050 sebagai jawabannya. Dia telah menemukan bahwa angka-angka dapat berpasangan  sebagai (100 + 1), (99 + 2), dan lain-lainnya. Bentuk penjumlahan ini selanjutnya dikenal sebagai deret aritmetika. Gauss juga memberi kontribusi yang sangat penting untuk teori bilangan pada bukunya Disquisitiones Arithmeticae. Dalam bidang statistika Gauss menemukan distribusi Gauss.
Sumber: www.edulens.org

Berdasarkan uraian di atas dapat kita ambil beberapa hikmah, antara lain:
1.  Gauss adalah orang yang mempunyai rasa ingin tahu yang sangat  tinggi. Sejak kecil Gauss memiliki minat yang besar pada perhitungan, hal ini terlihat dari kemampuannya dalam mengoreksi kesalahan gaji ayahnya dan menghitung bilangan bulat dari 1 sampai 100 secara tepat dan akurat.
2.  Tidak mudah puas terhadap sesuatu yang sudah didapatkan, sehingga Gauss terus mengembangkan kemampuannya pada berbagai bidang sehingga berhasil menguasai berbagai bidang keilmuan.

3.  Terus melakukan inovasi untuk menemukan sesuatu yang baru, sehingga ia berhasilkan menemukan distribusi Gauss yang sangat berguna pada bidang statistika modern.


Postingan disalin dari : Buku Paket Matematika IX, Kemendikbud RI Tahun 2015

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan disini, tapi hindari spam ya...
Pastikan URL Anda tidak broken sebab penulis akan selalu mengunjungi Anda.
Terima kasih atas saran dan kritik Anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...