KETIK DISINI UNTUK MENCARI

19 Feb 2016

Mengenal Lebih Dekat Eratosthenes Bapak Geografi dari Athena



Eratosthenes dilahirkan sekitar 276 SM. Ia dididik di akademi Athena dan ditunjuk untuk menjalankan Perpustakaan Besar di Alexandria pada 240 SM. Ketika menjabat sebagai kepala perpustakaan dan sarjana, Eratosthenes memperkenalkan sebuah risalah mengenai geografi. Hal ini menyebabkan Eratosthenes dijuluki sebagai Bapak Geografi.

Penemuan Eratosthenes yang paling terkenal adalah metode untuk menentukan keliling bumi. Eratosthenes mengetahui bahwa pada saat musim panas di kota Syene yang terletak di Tropic of Cancer, matahari akan tampak di Zenit, tepat di atas kepala. Ia juga mengetahui dari pengukuran bahwa di kampung halamannya, Alexandria, sudut kemiringan matahari pada saat yang sama adalah 7,2° di selatan Zenit.

Dengan asumsi bahwa Alexandria berada di utara Syene ia  menyimpulkan bahwa jarak dari Alexandria ke Syene adalah 7,2/360 dari total keliling Bumi. Jarak antara kedua kota tersebut diketahui dari para pedagang/ pengelana sekitar 5000 stadia: sekitar 800 km. Eratosthenes mendapatkan angka akhir 700 stadia per derajat, yang berarti keliling Bumi adalah 252.000 stadia.Ukuran pasti dari stadion yang dia gunakan saat ini tidak lagi diketahui dengan pasti (ukuran  stadion Attic sekitar 185 m), tetapi umumnya dipercaya bahwa keliling Bumi yang dihitung Eratosthenes adalah sekitar 39.690 km. Meskipun metode Eratosthenes cukup baik, akurasi perhitungannya masih terbatas. Akurasi pengukuran Eratosthenes terkurangi oleh fakta bahwa Syene tidaklah tepat berada di Tropic of Cancer, tidak juga tepat berada di selatan Alexandria. Eratosthenes menderita kebutaan pada 195 SM dan meninggal karena mogok makan pada 194 SM.

Sumber:
http://geography.about.com/od/historyofgeography/a/eratosthe  es.htm

Hikmah yang bisa diambil
1.  Eratosthenes adalah orang yang mempunyai rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Ia mencoba menghitung keliling bumi dengan membandingkan dua kondisi yang berbeda dari dua kota berbeda.
2.  Peran matematika dalam kehidupan manusia sangat banyak, salah satunya adalah di bidang geografi yang diawali oleh Eratosthenes.

Postingan disalin dari : Buku Paket Matematika IX, Kemendikbud RI Tahun 2015


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan pesan disini, tapi hindari spam ya...
Pastikan URL Anda tidak broken sebab penulis akan selalu mengunjungi Anda.
Terima kasih atas saran dan kritik Anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...