KETIK DISINI UNTUK MENCARI

5 Feb 2016

Mengenal Lebih Dekat Évariste Galois



Évariste Galois (baca:  Evarist Galwa)  dilahirkan pada tanggal 25 Oktober 1811 di Bourg-la-Reine, sebuah daerah pinggiran selatan  kota Paris. Ia berasal dari keluarga terpelajar.  Ayahnya, Nicolas-Gabriel Galois, memiliki  kepahaman filsafat dan studi klasik; di kemudian  hari sempat terpilih menjadi walikota. Adapun  ibunya Adelaide-Marie berasal dari keluarga  praktisi ilmu hukum.
Melengkapi keluarga ini  adalah saudara laki-laki bernama Alfred, serta  saudara perempuan Nathalie-Theodore.
Hal yang menarik bahwa, biarpun orangtuanya  terpelajar, Évariste tidak didaftarkan sekolah  sampai umur 12. Adelaide-Marie lebih suka  mendidik anaknya secara langsung di rumah,  dan dialah yang mengajari Évariste kurikulum  pendidikan dasar. Mulai dari baca-tulis, sastra  klasik, filsafat, hingga aritmatika. Sebagai tambahan adalah pendidikan agama Kristen yang mereka anut.
Boleh dibilang bahwa kultur terpelajar ini membentuk kecenderungan  Évariste pada dunia ilmu. Dan memang dia mempunyai bakat, terutama di bidang matematika. Ia dikabarkan telah membaca dan mampu memahami karya matematikawan terkenal Legendre dan Lagrange di usia 15. Hal yang menari sebab di keluarganya tak ada yang mendalami matematika.  Memasuki usia 12 Évariste (selanjutnya kita sebut “Galois”) mendaftar masuk sekolah asrama  bergengsi Lycée Louis-le-Grand. Dua tahun pertama ia lewati dengan lancer Tahun terakhir Galois di Louis-le-Grand mulai mendalami matematika tingkat  lanjut, bahkan hingga mengirim tulisan ke jurnal akademik. Galois telah mencoba mengirim manuskrip kepada Akademi Sains Prancis. Ini adalah formulasi awal dari Teori Galois teori yang menjelaskan tentang solusi polinomial orde-5.  
Hikmah yang bisa diambil
1.  Kita harus terus berusaha untuk mencapai keberhasilan.
2.  Kita harus mau dan mampu melakukan pembuktian-pembuktian tentang  fenomena alam sekitar yang merupakan bukti kekuasaan Tuhan melalui  keilmuan yang diketahui manusia.

Sumber: https://zenosphere.wordpress.com/2012/02/12/galois-matematikawan-di-tengah-revolusi/dan-Ensiklopedi-Matematika-2013

1 komentar:

  1. Wah, saya malah baru tahu dengan tokoh ini. Makasih pencerahannya

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan pesan disini, tapi hindari spam ya...
Pastikan URL Anda tidak broken sebab penulis akan selalu mengunjungi Anda.
Terima kasih atas saran dan kritik Anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...