HELLO..

HELLO.....WELCOME TO THE SECRET OF MATHEMATICS ...BLOG PEMBELAJARAN MATEMATIKA... SECRET OF MATHEMATICS INI...DIPERSEMBAHKAN BAGI ANDA YANG INGIN SUKSES ....SALAM SUKSES ...SUKSES ANDA SUKSES KITA SEMUA......CERDAS KREATIF DAN INOVATIF MODAL KESUKSESAN KITA

Jul 24, 2009

SAMAKAH TUJUH KALI SATU DENGAN SATU KALI TUJUH ?

Banyak pertanyaan tentang bagaimana cara belajar matematika yang efektif.Hampir sebagian besar siswa mengeluhkan sulitnya belajar matematika.Mereka menganggap pelajaran Matematika adalah pelajaran yang paling bikin stress Nah melalui postingan ini penulis turunkan tips belajar matematika yang efektif. Semoga bermanfaat.

BELAJAR MATEMATIKA SECARA EFEKTIF
Secara matematika hasil perkalian SATU dengan TUJUH dan hasil perkalian TUJUH dengan SATU tentunya akan menghasilkan nilai yang sama.Namun tidak demikian halnya jika dikaitkan dengan prinsip belajar efektif maka prinsip yang pertama tentu akan mendapatkan hasil lebih baik dari yang kedua yaitu Tujuh kali Satu.


Bayangkan saja jika para siswa belajar rutin dan teratur setiap hari selama satu jam dalam seminggu ( 1 jam X 7 hari ), maka dia akan mendapatkan hasil yang lebih baik jika dibandingkan belajar 1 hari selama 7 jam ( Ibarat belajar 7 jam dalam satu hari ) Misalnya belajar jam 7 malam dia akan berakhir jam 2 pagi nah..lho.Materi yang anda pelajari tentu tidak akan dapat dikuasai bahkan otak Anda tentu akan capai dan lelah alhasil materi pelajaran tidak dikuasai sebaik jika Anda Rutin belajar setiap hari.
Lalu bagaimana menumbuhkan belajar matematika secra efektif?

BELAJAR EFEKTIF
Sebelum membahas belajar matematika yang efektif alangkah baiknya penulis tuliskan bagaimana menyiapkan diri agar belajar kita lebih efektif.
1. Motivasi
Agar belajar menjadi efektif, tentu ditumbuhkan motivasi belajar.Motivasi inilah yang mendorong seorang siswa akan belajar.Ada dua jenis motivasi yaitu motivasi ekstrinsik yaitu tumbuhnya motivasi akibat dorngan dari luar atau lingkungan atau orang lain.Motivasi yang kedua adalah motivasi instrinsik.Motivasi ini tumbuh berdasarkan kesadaran diri.Artinya siswa akan belajar kesadaran belajarnya tumbuh dari dalam diri siswa.Inilah yang paling penting.Jadi jika seorang siswa telah tumbuh kesardarn diri akan belajar dia akan terus belajar tand harus didorong oleh orang lain termasuk orang tuannya.Seorang siswa yang terdorong belajar karena kemauan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan tentu dia akan terus belajar.
2. Buat Jadwal Belajar
Agar belajar bisa teratur dan rutin maka penting untuk dibuat jadwal belajar.Misalnya dalam satu hari bisa dibagi menjadi tiga sesi.Pagi hari , Siang dan Malam hari.Jangan lupa pula dibuat porsi waktu.Misalnya dalam satu minggu mendapatkan mata pelajaran metematika 3 kali, bahasa daerah satu kali, maka porsi belajar matematika juga harus ditambah.
3.Fasilitas Belajar
Agae waktu belajar bisa efektif, maka persiapkan fasilitas belajar seperti tempat belajar, alat tulis, buku catatan, buku latihan maupun buku pelajaran sedini mungkin.Artinya ketika sedang siap belajar , ada yang lupa misalnya buku pelajarannya, nah disana waktu akan terbuang gara-gara hanya mencari buku yang tertinggal tersebut, seorang siswa tidak hanya membuang waktu juga pikiran bisa jadi kacau.
4.Stamina
Agar belajar bisa maksimal maka menjaga kondisi fisik atau mental perlu diperhitungkan juga.Misalnya makan makanan bergizi, olah raga teratur, dan jangan lupa istirahat juga harus diberu waktu yang cukup.
5.Berdoa
Apapun usaha anda ( belajar keras ), jangan lupa sandarkan diri dan hidup anda kepada Tuhan Yang Maha Esa

BELAJAR MATEMATIKA SECARA EFEKTIF
Nah untuk belajar Matematika memang dibutuhkan trik tersendiri.Ada beberapa cara untuk belajar matematika baik di sekolah maupun di rumah yang sedikit memerlukan waktu ekstra.
Belajar Matematika di Sekolah
Agar belajar di sekolah dapat efektif barangkali Anda bisa mengikuti tips di bawah ini
1.Perlengkapan belajar
Siapkan perlengkapan pelajaran dengan baik, misalnya buku pelajran maupun buku tugas PR.Hal ini penting agar ketika di sekolah pikiran Anda akan tenang dan tidak terganggu karena ada tugas PR yang belum dikerjakan atau lupa tidak membawa buku pelajaran matematika
2.Konsentrasi
Untuk mencerna materi pelajaran yang diberikan oleh guru, maka sangat disarankan Anda menyimak dengan penuh konsentrasi ketika guru menguraikan atau menjabarkan materi pelajaran.
3.Aktif Bertanya
Ketika anda kurang jelas ketika guru menjelaskan materi pelajaran, maka jangan takut untuk bertanya.Sebagian besar guru akan senang jika ada pertanyaan dari siswa, karena guru merasa diperhatikan oleh siswanya.
4.Mengerjakan Latihan
Ketika selesai menguraikan materi pelajaran biasanya seorang guru akan memberi latihan.Nah segeralah mengerjakan latihan tersebut agar pemahaman tentang materi yang baru saja diberikan dapat dikuasai dengan baik.Lebih baik lagi jika anda bertanya jika ada kesulitan saat itu juga.Bertanya kepada teman sebangku juga sangat membantu jika ada kesulitan.
5.Membuat Rangkuman/Rumus
Tulis kembali rumus-rumus yang baru saja diberikan guru dengan singkat dan buatan anda sendiri.
Nah tips di atas hanya akan sekedar teori jika tidak dipraktekan.
Lalu bagaimana trik belajar matematika di rumah...nantikan postingan berikutnya, bagaimana belajar matematika di rumah secara efektif. Jangan lupa gunakan prinsip belajar di atas.
Bagaimana dengan Anda, atau pembaca yang memliki trik tersendiri silahkan tambahkan di kolom komentar.
Salam Sukses....

9 comments:

  1. mampir,
    memang lebih baik 1 jam 7 kali
    daripada 7 jam 1 kali.
    salam.

    ReplyDelete
  2. mampir jga y sob???? dn jgn lupa ksh comment....

    ReplyDelete
  3. thanks infonya...sangat bermanfaat, moga nanti bisa dipratekkan buat anak2.

    ReplyDelete
  4. Tipsnya mengena sekali. Nyesel juga saya dulu ngga suka matematika. Coba kalau ngga kan bisa saya praktikkan... :-) Salam kenal. Visit my blog

    ReplyDelete
  5. Terima kasih tipsnya pak, sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  6. Posting yang berguna mas. Walau saya sudah tidak kuliah lagi, tapi setidaknya berguna bagi anak saya yang baru masuk SD kelas 1.

    ReplyDelete
  7. Istilah yang kedua berarti SKS ya mas, sistem kebut semalam.. biasa dulu gitu sih tapi emang sih lebih baik yang 1 x 7.. tips yang berguna untuk anak saya besok klo sekolah

    ReplyDelete
  8. waduh. dapet tips nya baru sekarang.
    dah kepalang matematika ku merah setengah
    wkkkk
    makasih ya bosss infonya

    ReplyDelete
  9. wah iya nih. sayang tidak semua guru menggunakan metode ini untuk di terapkan ke anak didiknya

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan pesan disini, tapi hindari spam ya...
Pastikan URL Anda tidak broken sebab penulis akan selalu mengunjungi Anda.
Terima kasih atas saran dan kritik Anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...