KETIK DISINI UNTUK MENCARI

10 Mei 2012

Ada 120 Ribu Kursi pada SNMPTN 2012


Jakarta --- Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 akan dilaksanakan pada 12-13 Juni 2012. “Ada 120 ribu kursi bagi para calon mahasiswa melalui jalur ujian tulis,” ujar Ketua Panitia SNMPTN 2012 Akhmaloka, saat memberikan keterangan pers, Rabu (9/05), 

di Gedung Dikti Kemdikbud.
Selain ujian tulis, Panitia SNMPTN telah menjaring 60 ribu orang calon mahasiswa dari jalur undangan. Jalur undangan merupakan jalur untuk menyaring calon mahasiswa dengan kriteria berprestasi akademik maupun mahasiswa dari kalangan ekonomi kurang mampu. “Untuk jalur undangan, rektor punya catatan sendiri tentang sekolah yang mendaftar,” tuturnya.
Pendaftaran SNMPTN 2012 jalur ujian tulis telah dibuka Kamis (10/05) pukul 08.00 WIB. Mekanisme pendaftaran dimulai dengan membayar ke Bank Mandiri atau kantor pos terdekat, sesuai dengan jurusan yang dipilih. Jurusan ilmu pengetahuan alam dan ilmu pengetahuan sosial Rp150 ribu, untuk yang mengambil ilmu pengetahuan campuran keduanya (IPC) Rp175.000, dan untuk ujian keterampilan Rp150.000 per ujian keterampilan. Setelah membayar, pendaftar akan memperoleh pin yang akan dijadikan tanda pendaftaran untuk masuk dalam sistem online www.snmptn.ac.id.
“Bank dan kantor pos murni melayani administrasi pendaftaran. Untuk semua teknis pendaftaran, pendaftar hanya bisa lakukan di sistem online,” kata Akhmaloka.
Jumlah kursi yang disediakan tahun ini lebih besar dari tahun lalu. Tahun lalu ada 118.233 kursi. Kapasitas bertambah lantaran ada penambahan universitas, serta sejumlah perguruan tinggi negeri membuka program studi baru. “Universitas baru seperti UMRAH, dan ITB juga membuka prodi baru dengan kuota 60 orang,” katanya. (AR)

Sumber : Kemendiknas

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan pesan disini, tapi hindari spam ya...
Pastikan URL Anda tidak broken sebab penulis akan selalu mengunjungi Anda.
Terima kasih atas saran dan kritik Anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...