KETIK DISINI UNTUK MENCARI

7 Mei 2012

Pendaftaran SNMPTN 2012 Gunakan Sistem Online


Yogyakarta Mulai tahun 2012 ini, sistem pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur ujian tulis (utul) dilakukan sistem online semuanya. Panitia penerimaan sudah tidak membuka pendaftaran melalui sistem offline.

Pendaftaran SNMPTN jalur utul mulai dibuka tanggal 10-31 Mei 2012. Pendaftaran dengan sistem online ini bisa diakses dan dilakukan kapan saja sesuai jadwal dan dimanapun tempatnya.
"Panitia telah melakukan sosialisasi hingga daerah-daerah di pelosok Indonesia Timur. Kami berharap semua bisa lancar. Untuk wilayah DIY, kami jamin semua sekolah bisa melakukan secara online," kata Ketua Panitia Lokal (Panlok) 46 Yogyakarta, Prof Dr Budi Prasetyo Widyobroto kepada wartawan, Senin (7/5/2012).

Menurut Budi dibandingkan dengan tahun lalu sistem pendaftaran tahun ini juga berbeda. Pada tahun 2011 pendaftar memilih program studi saat melakukan pembayaran di bank. Pada tahun ini pendaftar memilih program studi dengan mengakses laman di http://ujian.snmptn.ac.id setelah melakukan pembayaran.

"Bagi siswa lulus tahun kemarin dan tahun sebelumnya, maupun yang lulus tahun ini jadwal pendaftaran disamaratakan," katanya.

Budi juga untuk perangkat teknologi sistem pendaftaran secara online juga tidak akan mengalami kendala karena telah dilakukan upgrading. Namun dia mengharapkan agar siswa mendaftarkan diri jauh hari sebelum batas waktu yang ditentukan.

"Setelah membayar baru dikasih Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan PIN untuk memilih program studi yang dipilih dan tempat tes," kata Budi.

Pada tahun lalu kata Budi, peserta menunggu untuk mendaftar hingga pengumuman kelulusan. Kalau pengumuman kelulusan tahun ini tanggal 26 Mei, sangat mungkin setelah itu peserta baru mendaftar.

"Kami perkirakan setelah itu baru mendaftar. Pengalaman tahun lalu lima hari sebelum pendaftaran ditutup, setiap hari bisa mencapai 80 ribu pendaftar," ungkap Budi di sekretariat Panlok 46 di Gedung Layanan Administrasi Akademik UGM di Bulaksumur, Yogyakarta.

Oleh karena itu, dia meminta peserta mendaftar jauh-jauh hari sebelumnya agar aman. Untuk IPA dan IPS pendaftaran sebesar Rp 150 ribu, sedangkan IPC Rp 170 ribu.

"Kalau nanti ada peserta yang telah diterima melalui jalur undangan yang akan diumumkan tanggal 28 mei 2012. Uang pendaftaran tidak bisa diminta kembali," kata Budi didampingi Prof Dr Nurfina Aznam dari UNY.

Budi mengatakan bagi yang sudah terlanjur mendaftar SNPTN jalur undangan dan tengah menunggu hasil pengumuman pada tanggal 28 Mei nanti, tidak salahnya memanfaatkan pendaftaran tersebut.

Rencananya, ujian tulis SNMPTN akan dilaksanakan serentak pada 12-13 Juni dengan soal yang sama di seluruh Indonesia. Sedangkan ujian keterampilan diselenggarakan pada 14-15 Juni di PTN yang memiliki program studi yang dipilih.

"DI Yogyakarta ujian keterampilan diselenggrakan di UNY sesuai prodi yang ada," katanya.

Proses pendaftaran SNMPTN hampir sama dengan tahun sebelumnya, namun yang sedikit membedakan untuk tahun ini siswa cukup datang ke bank, membayar uang pendaftaran untuk mendapatkan kartu akses pendaftaran (KAP) dan PIN agar bisa mengakses proses pendaftaran di laman SNMPTN.

Untuk mengantisipasi adanya joki lewat pendaftaran online, Budi mengatakan panitia pengawas akan berupaya maksimal dengan melakukan proses verifikasi satu jam sebelum pelaksanaan ujian.

"Khusus untuk tahun ini, UGM menerima kuota 3.442 calon mahasiswa baru lewat jalur SNMPTN ujian tulis," tutup Budi.

Sumber : Bagus KurniawandetikNews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan disini, tapi hindari spam ya...
Pastikan URL Anda tidak broken sebab penulis akan selalu mengunjungi Anda.
Terima kasih atas saran dan kritik Anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...