KETIK DISINI UNTUK MENCARI

22 Feb 2013

Pendidik Kompeten Kunci Keberhasilan


JakartaDalam teori kurikulum (Anita Lie, 2012) keberhasilan suatu kurikulum merupakan proses panjang, mulai dari kristalisasi berbagai gagasan dan konsep ideal tentang pendidikan,
perumusan desain kurikulum, persiapan pendidik dan tenaga kependidikan, serta sarana dan prasarana, tata kelola pelaksanaan kurikulum --termasuk pembelajaran-- dan penilaian pembelajaran dan kurikulum.
Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang kompeten  merupakan ujung tombak keberhasilan penerapan kurikulum 2013. Adapun terdapat empat kompetensi yang harus ditingkatkan untuk mencapai keberhasilan tersebut yaitu, kompetensi pedagogi; kompetensi akademik (keilmuan); kompetensi sosial; dan kompetensi manajerial atau kepemimpinan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah mendesain strategi persiapan kompetensi guru. Strategi ini melibatkan tim pengembang kurikulum yang terdiri dari instruktur diklat, guru utama, dan guru. Dinas pendidikan, dosen, widyaiswara, guru inti, pengawas, dan kepala sekolah akan masuk ke dalam kelompok instruktur diklat. Guru utama meliputi guru inti, pengawas, dan kepala sekolah. Sedangkan, guru merupakan guru kelas, guru mata pelajaran Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Sekolah Menengah Kejuruan. 
Implementasinya, guru akan terbagi dalam skenario pentahapan persiapan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menjelaskan salah satu alternatif skenario pada guru Sekolah Dasar, seperti tercantum dalam wawancara Mendikbud bagian kedua terkait Kurikulum 2013, Selasa (12/6).  Dari 1,6 juta guru SD, Kemdikbud akan melatih sepertiga dari jumlah tersebut, kemudian akan dikurangi dari jumlah guru Pendidikan Agama, Pendidikan Jasmani. “Jadi, ada 300 ribu guru per tahun yang akan diikutkan sertifikasi. Itu masuk akal,” jelas Nuh. Diharapkan dengan peningkatan kompetensi guru ini akan menghasilkan siswa  yang lebih kreatif, inovatif, dan lebih produktif. (GG)
Sumber : Kemendiknas

1 komentar:

  1. selain siswa atau pribadi yang sedang mencari ilmu dan pendidikan, pendidik juga mempunyai pengaruh yang besar.

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan pesan disini, tapi hindari spam ya...
Pastikan URL Anda tidak broken sebab penulis akan selalu mengunjungi Anda.
Terima kasih atas saran dan kritik Anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...