Jakarta
– Dalam teori kurikulum (Anita Lie,
2012) keberhasilan suatu kurikulum merupakan proses panjang, mulai dari
kristalisasi berbagai gagasan dan konsep ideal tentang pendidikan,
perumusan desain kurikulum, persiapan pendidik dan tenaga kependidikan, serta sarana dan prasarana, tata kelola pelaksanaan kurikulum --termasuk pembelajaran-- dan penilaian pembelajaran dan kurikulum.
perumusan desain kurikulum, persiapan pendidik dan tenaga kependidikan, serta sarana dan prasarana, tata kelola pelaksanaan kurikulum --termasuk pembelajaran-- dan penilaian pembelajaran dan kurikulum.
Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang kompeten
merupakan ujung tombak keberhasilan penerapan kurikulum 2013. Adapun terdapat
empat kompetensi yang harus ditingkatkan untuk mencapai keberhasilan tersebut
yaitu, kompetensi pedagogi; kompetensi akademik (keilmuan); kompetensi sosial;
dan kompetensi manajerial atau kepemimpinan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah mendesain
strategi persiapan kompetensi guru. Strategi ini melibatkan tim pengembang
kurikulum yang terdiri dari instruktur diklat, guru utama, dan guru. Dinas
pendidikan, dosen, widyaiswara, guru inti, pengawas, dan kepala sekolah akan
masuk ke dalam kelompok instruktur diklat. Guru utama meliputi guru inti,
pengawas, dan kepala sekolah. Sedangkan, guru merupakan guru kelas, guru mata pelajaran
Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Sekolah
Menengah Kejuruan.
Implementasinya, guru akan terbagi dalam skenario
pentahapan persiapan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad
Nuh menjelaskan salah satu alternatif skenario pada guru Sekolah Dasar, seperti
tercantum dalam wawancara Mendikbud bagian kedua terkait Kurikulum 2013, Selasa
(12/6). Dari 1,6 juta guru SD, Kemdikbud akan melatih sepertiga dari
jumlah tersebut, kemudian akan dikurangi dari jumlah guru Pendidikan Agama,
Pendidikan Jasmani. “Jadi, ada 300 ribu guru per tahun yang akan diikutkan
sertifikasi. Itu masuk akal,” jelas Nuh. Diharapkan dengan peningkatan kompetensi guru ini akan
menghasilkan siswa yang lebih kreatif, inovatif, dan lebih produktif.
(GG)
Sumber : Kemendiknas
selain siswa atau pribadi yang sedang mencari ilmu dan pendidikan, pendidik juga mempunyai pengaruh yang besar.
ReplyDelete