iklan

HELLO..

HELLO.....WELCOME TO THE SECRET OF MATHEMATICS ...BLOG PEMBELAJARAN MATEMATIKA INI DIPERSEMBAHKAN BAGI ANDA YANG INGIN SUKSES ....SALAM SUKSES ...SUKSES ANDA SUKSES KITA SEMUA......CERDAS KREATIF DAN INOVATIF MODAL KESUKSESAN KITA

Mar 12, 2016

Mengenal Lebih Dekat Rene Descartes, Bapak Matematika Modern

Descartes dikenal sebagai Renatus Cartesius dalam literatur berbahasa Latin, merupakan seorang  Filsuf dan matematikawan Perancis. Beliau mempersembahkan sumbangan yang  penting yaitu penemuannya  tentang geometri analitis, yang  akhirnya dkenal sebagai
pencipta  “Sistem koordinat Cartesius”, yang  memengaruhi perkembangan kalkulus modern dan menyediakan jalan buat Newton menemukanKalkulus. Beliau memberikan kontribusi yang besar dalam kemajuan di bidang matematika,
sehingga dipanggil sebagai  "Bapak Matematika Modern".
Descartes, adalah salah satu pemikir paling penting dan berpengaruh dalam sejarah barat modern. Metodenya ialah dengan meragukan semua pengetahuan yang ada, yang kemudian mengantarkannya pada kesimpulan bahwa pengetahuan yang ia kategorikan ke dalam tiga bagian dapat diragukan, yaitu  pengetahuan yang berasal dari pengalaman inderawi dapat diragukan, fakta umum tentang dunia semisal api itu panas dan benda yang berat akan jatuh juga dapat diragukan, dan  prinsip-prinsip logika dan matematika juga ia ragukan. Dari keraguan tersebut, Descartes hendak mencari pengetahuan apa yang tidak dapat diragukan yang  akhirnya mengantarkan pada premisnya Cogito Ergo Sum  yang artinya “aku berpikir maka aku ada”.

Hikmah yang dapat dipetik antara lain:
1. Keyakinan yang sempurna dan mutlak  terhadap keberadaan adanya Tuhan, dan semua obyek di dunia ini adalah ciptaan Tuhan.
2. Tidak mudah puas terhadap sesuatu yang sudah didapatkan, sehingga terus berpikir melakukan inovasi untuk menemukan sesuatu yang baru.
3. Manusia diciptakan oleh Tuhan dengan bentuk yang sempurna, oleh karena itu manusia harus menggunakan akal dan pikirannya untuk memanfaatkan lingkungan dengan sebaik-baiknya.
4. Saling membantu dan kerja sama sesama manusia agar terjadi interaksi yang positif  dalam melakukan aktifitas dan  belajar.

Postingan disalin dari : Buku Paket Matematika VIII, Kemendikbud RI Tahun 2015

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan disini, tapi hindari spam ya...
Pastikan URL Anda tidak broken sebab penulis akan selalu mengunjungi Anda.
Terima kasih atas saran dan kritik Anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...